Sederhana! Ini Dia Cara Membuat Pakan Organik Ayam Pedaging Bernutrisi Tinggi

Ayam pedaging atau broiler merupakan salah satu jenis ayam yang banyak dijadikan usaha karena kecepatan pertumbuhan atau produksinya yang relatif singkat, yakni sekitar 4-5 minggu saja. Apabila Anda sedang beternak ayam pedaging, Anda tentu menginginkan ayam Anda menghasilkan telur dan daging yang berkualitas bukan?

Pertumbuhan dan perkembangan ayam sangat dipengaruhi oleh asupan gizinya. Tentunya, makanan tak bisa sembarangan diberikan. Akan lebih baik jika Anda membuat sendiri pakan ayam sehingga tahu persis takaran gizi dan kualitasnya. Apabila Anda sedang beternak ayam pedaging, berikut adalah informasi mengenai cara membuat pakan organik ayam pedaging yang tinggi nutrisi.

pakan alternatif ayam pedaging Star Farm

Langkah Membuat Pakan Ayam Pedaging

Pada dasarnya pakan ayam pedaging terdiri dari tiga komposisi yakni makanan nabati (dedak, bekatul, biji-bijian), hewani (tepung ikan, keong, bekicot), serta bahan yang dibuat dari limbah industri udang. Anda dapat mencampurkan tiga bahan tersebut dalam pembuatan pakan yang berkualitas. Berikut langkah-langkahnya.

1. Tahap Penghalusan

Siapkan bahan berupa jagung, bekatul, tepung gaplek, tepung ikan, tepung darah, kedelai, daun pepaya, bungkil biji kapuk, tepung buku unggas, dan premix. Campurkan seluruh bahan ke dalam mesin pembuat tepung agar proses penyampuran dapat rata. Haluskan hingga campuran benar-benar menjadi tepung.

2. Tahap Penguapan

Kukus adonan tepung tersebut dengan suhu antara 800 hingga 900°C hingga matang. Jika dirasa sudah matang, keluarkan olahan dari pengukus dan tunggu hingga sedikit hangat.

3. Tahap Pencetakan dan Pengeringan

Jika adonan telah hangat, cetak adonan dengan bantuan mesin pencetak krambel. Keringkan adonan yang telah dicetak dengan mesin pengering. Setelah kering barulah pakan ayam siap dihidangkan kepada ayam pedaging Anda.

Itulah beberapa cara membuat pakan organik ayam pedaging yang bisa Anda buat sendiri. Memang awalnya Anda akan merogoh kocek yang cukup banyak untuk membeli beberapa peralatan, seperti mesin untuk mencampur tepung maupun mesin pengering.

Namun jangan salah, Anda juga sama saja dengan melakukan investasi jangka panjang karena ayam pedaging memperoleh asupan nutrisi berkualitas. Hal ini tentunya akan memengaruhi hasil daging dan telur yang diproduksi. Peluang memperoleh keuntungan besar akan semakin tinggi. Selamat mencoba di rumah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top