Untuk Pemula! Cara Pendederan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Lele adalah ikan air tawar yang populer di Indonesia. Tekstur dagingnya yang lembut membuat siapa saja bisa mengkonsumsinya dengan mudah. Selain itu, harganya pun juga cukup terjangkau. Budidaya ikan lele menjadi salah satu inspirasi menarik yang bisa dicoba. Cara pendederan ikan lele cukup mudah. Lele juga sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Hanya perlu waktu beberapa bulan saja, lele sudah dapat dipanen.

Cara Pendederan Ikan Lele yang Benar

Bagaimana cara pendederan ikan lele yang benar? Pendederan benih ikan lele bisa dilakukan di kolam pembesaran ikan sementara. Kolam yang digunakan bisa sebuah kolam kecil saja. Jadi, pengontrolan akan lebih mudah dilakukan.

1. Siapkan kolam pendederan

Langkah pertama, siapkan kolam kecil untuk pendederan. Anda bisa menyiapkan kolam sebesar 3 x 4 meter agar lebih mudah dalam melakukan pengontrolan. Jangan lupa, tutup kolam dengan paranet agar benih ikan lele tidak mati karena paparan sinar matahari yang panas di musim kemarau.

2. Pengisian kolam

Pengisian air kolam dilakukan dalam beberapa tahapan. Jika benih masih kecil, berikan air dengan kedalaman hingga 30 cm saja. Air yang terlalu banyak akan membuat benih ikan lele sulit untuk berenang ke atas mengambil oksigen. Jika ukuran benih sudah bertambah, Anda bisa menambahkan kedalaman air.

3. Pelepasan benih

Benih ikan lele bisa dilepaskan di tempat pendederan setelah berusia 3 minggu. Lepaskan benih ikan lele sebanyak 300 sampai 600 ekor per meter persegi. Jangan terlalu padat karena akan membuat benih mati. Cara memindahkan benih bisa dilakukan dengan menggunakan ember plastik yang diisi dengan air asal kolam benih menetas.

4. Pemberian makan

Gunakan tepung pelet berprotein lebih dari 40 % untuk memberi makan benih ikan lele yang baru dideder. Pemberian pakan lele harus dikontrol dengan baik. Sebab, pakan pelet dapat tenggelam ataupun menumpuk pada dasar kolam.

Penumpukan pelet di dasar kolam akan menimbulkan amonia dan bisa membuat benih ikan lele mati. Jika benih sudah berukuran 4 hingga 6 cm, berikan pelet dengan bentuk butiran kecil. Sesuaikan jenis makanan dengan besar mulut ikan.

Demikianlah teknik dan cara pendederan ikan lele bagi pemula yang mudah dilakukan. Jika Anda melakukannya dengan cermat, maka Anda akan mendapatkan panen melimpah. Selama membudidayakan lele.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top