Sederhana dan Mudah! Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu masak. Bumbu dapur ini akan membuat cita rasakan menjadi semakin istimewa. Tanpa menggunakan bumbu bawang merah, masakan akan terasa hambar.

Harga bawang merah bahkan kadang memiliki lonjakan yang amat pesat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba menanam bawang merah di rumah. Cara menanam bawang merah bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Berikut teknik yang bisa dilakukan.

cara menanam bawang merah Star Farm

Cara Menanam Bawang Merah di Pot Agar Cepat Tumbuh

Cara menanam bawang merah di pot bisa dilakukan dengan sederhana. Jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, Anda bisa memanennya secara melimpah. Pastinya, cukup sekali memenuhi kebutuhan bawang merah untuk masak sehari-hari di rumah. Bagaimanakah caranya?

1. Persiapkan pot dan tanah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan pot serta tanah yang subur. Campurkan pupuk dan tanah kemudian masukkan ke dalam pot yang telah dipersiapkan.

2. Memilih bawang

Setelah media tanam sudah dipersiapkan, kini Anda bisa memilih bawang merah yang sudah tua. Pilih bawang merah yang bagus untuk bibit. Jangan memilih bawang merah dengan bercak-bercak hitam. Bawang merah dengan bercak hitam akan membawa bibit penyakit.

3. Memotong bagian ujung bawang

Jika Anda sudah menemukan bawang merah yang cocok untuk ditanam, potonglah bagian ujungnya. Namun jika sudah muncul daun, tidak usah dipotong.

4. Tanam bawang merah

Tanamlah bibit bawang merah yang telah dipotong ujungnya ke media tanam. Tanamlah bawang merah dengan kedalaman 5 hingga 7 cm. Ketika menaruh bawang merah di media tanam, jangan menekannya. Kemudian, timbunlah.

5. Proses Perawatan

Siramlah bawang merah pada pagi dan sore hari. Janganlah membiarkan air menggenang di dalam pot. Sebab, hal ini akan menyebabkan bawang menjadi busuk

6. Panen

Bawang merah bisa dipanen dalam usia 60 hingga 90 hari. Ciri yang paling umum bisa dilihat dari bawang merah yang siap panen adalah daun yang sudah sedikit kering. Ciri lain adalah Anda bisa melihat bawang yang menjulang ke atas pot

Mudah sekali bukan? Cara menanam bawang merah dengan media pot bisa dilakukan oleh siapa saja. Manfaatkanlah lahan di sekitar Anda untuk bercocok tanam bawang merah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top