Anti Ribet! Cara Menanam Cabe di Pot Kecil

Cabe merupakan salah satu jenis bumbu masak yang dibutuhkan oleh semua orang. Memasak sayur akan hambar rasanya tanpa cabe. Cabai juga bisa dijadikan sebagai teman makan snack agar terasa lebih mantap. Dibalik semua itu, ternyata ada beragam jenis cabai.. Ada cabe rawit, cabe hijau, cabe keriting, dan masih banyak lagi. Pada waktu-waktu tertentu, harga cabe juga melambung pesat. Hal ini membuat semua penggemarnya kelimpungan. Solusinya, Anda bisa mempelajari cara menanam cabe di pot kecil untuk mengantisipasi lonjakan harga cabe di saat-saat tertentu.

Anti Ribet! Cara Menanam Cabe di Pot Kecil

Cara Menanam Cabe di Pot Kecil Polybag

Anda bisa mencoba cara menanam cabe di pot kecil yang cenderung mudah untuk dilakukan. Bagaimanakah langkah-langkahnya?

1. Pilih bibit cabe berkualitas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit cabe berkualitas. Pilih bibit cabe segar. Kupas cabe lalu jemur di bawah panas matahari.

2. Semai cabe

Setelah bibit cabe dipersiapkan, lakukan penyemaian. Siapkan wadah dan isi menggunakan tanah humus dan pupuk organik. Semailah cabe rawit dan tunggu hingga tunas muncul. Tunas cabe akan muncul mulai dari 7 hingga 10 hari.

3. Penanaman cabe di pot

Persiapkan media tanam berupa pot ukuran sedang dan tanah. Masukan tanah dan pupuk kompos ke dalamnya. Pilihlah bibit cabe yang berkualitas baik dari tempat penyemaian. Buatlah lubang-lubang kecil pada tanah yang ada di dalam pot.

Tanamkan bibit cabe yang telah Anda pilih ke dalam pot. Sebaiknya, tanamlah cabe di sore hari agar lebih mudah perhitungan siramnya. Jangan lupa, tancapkan bambu dekat tanaman cabe agar tanaman tidak mudah goyang.

4. Perawatan

Rawatlah cabe dengan baik dan benar. Perawatan yang tepat akan membuat tanaman cabe Anda berbuah lebat, meskipun hanya di tanam dalam sebuah pot.

5. Penyiraman

Siram tanaman cabe pada pagi dan sore hari secara teratur. Lakukan pemupukan setiap 10 hari sekali agar pertumbuhan dan kesuburan tanaman cabe tetap terjaga. Jika terdapat rumput yang tumbuh di sekitar cabe, Anda bisa membuangnya.Jika terdapat hama yang Anda temukan, usirlah dengan obat penyemprot hama.

Demikianlah cara menanam cabe di pot kecil yang sangat mudah untuk dilakukan. Lakukan langkah-langkah di atas secara benar dan tepat. Anda pun akan mendapatkan panenan cabe yang melimpah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top