Mudah dan Anti Gagal, Begini Cara Membuat Media Tanam Anggrek

Anggrek menjadi tanaman hias yang tidak pernah mengalami pasang surut dengan peminat yang tinggi. Para peminat Anggrek biasanya terpesona dengan keindahan bentuk dan warnanya yang beragam. Meskipun menanam anggrek bukanlah hal yang sulit, nyatanya Anda tetap memerlukan tips dan trik saat menanam bunga tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara membuat media tanam anggrek agar tidak gagal sebelum berbunga. Yuk simak!

Cara Membuat Media Tanaman Anggrek

Ada beberapa media yang digunakan dalam menanam anggrek, baik dengan sabut kelapa, kerikil, hingga potongan kayu. Nah, berikut adalah cara buat media tanam anggrek yang bisa Anda terapkan sendiri.

1. Sabut Kelapa

Dengan tekstur yang berserabut, sabut kelapa sangat baik dalam menyimpan air ditambah dengan kandungan unsur hara yang dimiliki oleh tanaman. Jika ingin menggunakan media ini, Anda hanya perlu memilih sabut yang sudah tua.

Kemudian, potong-potong kecil disesuaikan dengan besar pot yang digunakan. Tapi karena sabut kelapa juga merupakan bagian tanaman, maka bisa saja membusuk sehingga Anda harus mengeceknya secara berkala.

2. Potongan Kayu

Potongan kayu memiliki daya tampung air dan drainase yang baik sehingga cocok untuk dijadikan media tanam anggrek jenis terestial. Anda harus mencuci potongan kayu terlebih dahulu, kemudian keringkan lalu masukkan pada pot penanaman.

3. Pecahan genteng atau Batu

Pecahan batu dan genteng memiliki kandungan hara yang juga dimiliki oleh tanah, sehingga baik untuk tanaman. Selain itu, pecahan genteng dan batu juga ideal untuk dijadikan tempat melekatnya akar anggrek, penyimpanan air, dan pengatur kelembaban.

Cara membuat media tanam bunga anggrek dengan genteng atau batu ini bisa dilakukan dengan menyusun batu atau bata di dasar pot, kira-kira sepertiga tinggi pot. Masing-masing media tanam sendiri memiliki kelemahan.

Genteng lebih mudah menyerap air, namun mudah juga terkena lumut. Berbanding terbalik dengan batu yang kurang bisa menyerap namun tidak mudah berlumut.

Demikianlah 3 cara membuat media tanam untuk anggrek yang sederhana, namun dijamin keberhasilannya. Selain media yang telah disebutkan di atas, anda juga perlu untuk rutin merawat anggrek Anda, baik soal penyiraman, pemupukan, hingga kebersihan media hidup anggrek, mudah bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top