4 Cara Merawat Tanaman Anggrek di Rumah, Mudah!

Siapa yang tak mengenal bunga Anggrek dengan bentuknya yang cantik dan ragam warnanya yang begitu anggun. Anggrek sendiri merupakan tanaman hias yang biasanya ditemukan dalam hutan gelap dan menempel pada bebatuan terjal. Meskipun habitat alaminya adalah di hutan maupun garis pantai, nyatanya Anda bisa menanam tanaman berbunga cantik ini di rumah. Namun, sebelum menanamnya Anda harus tahu cara merawat tanaman anggrek yang benar.

Cara Merawat Tanaman Anggrek Agar Cepat Berbunga

Berikut merupakan cara merawat tanaman cara merawat tanaman anggrek agar cepat berbunga, antara lain:

1. Rutin Melakukan Penyiraman

Penyiraman menjadi hal yang cukup penting dalam perawatan tanaman Anggrek karena untuk menghidrasi dan pemberian makan. Saat proses penyiraman, pastikan Anda menggunakan air bersih yang belum tercampur dengan zat-zat kimia.

Anda bisa menyiram anggrek dua kali sehari pada musim kemarau dan menyimpan anggrek di rumah saat musim penghujan agar tedak memicu pembusukan akar karena air yang berlebihan.

2. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari juga akan memengaruhi pertumbuhan anggrek di mana akan berefek pada daunnya. Jika daun berwarna hijau terang atau hijau biasa, maka pemenuhan sinar matahari sudah cukup.

Namun jika daunnya berwarna hijau tua, maka tanaman anggrek Anda dapat dipastikan kekurangan sinar matahari. Berbeda lagi dengan warna daun kecokelatan yang menandakan kelebihan paparan matahari.

3. Pemupukan

Pupuk adalah nutrisi bagi tanaman, sehingga akan menjaga dan merawat tanaman dengan lebih optimal. Meskipun begitu, pemberian pupuk tentu harus sesuai dengan takaran yang tepat, selain itu pilih produk pupuk yang mengandung unsur hara tinggi.

Pemupukan bisa Anda lakukan dengan cara menyemprot pupuk yang telah dicampur dengan air atau menyiramnya langsung. Lakukan pemupukan kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu.

4. Berikan Obat

Dalam tanaman, hama tentu bisa saja hadir kapanpun dan di manapun. Oleh karena itu, jika sudah terjangkit hama maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengantisipasi dan mengobati hama tersebut.

Untuk mencegah datangnya hama, Anda hanya perlu membersihkan tempat tumbuhnya Anggrek secara berkala. Gunakan obat-obat tanaman jika sudah terkena hama dengan menggunakan pestisida, insektisida, hingga fungisida.

Itulah 4 cara merawat tanaman anggrek agar tumbuh subur dan cepat berbunga. Jangan lupa untuk mengatur ulang tata letak bunga ketika sudah bertumbuh untuk memberikan ruang pertumbuhan antar anggrek. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top