Bagaimana Cara Menaman Bunga Melati Agar Cepat Berbunga?

Sejak dahulu melati memang menjadi bunga yang cukup digemari, baik untuk dipelihara pribadi maupun dijadikan komoditi. Salah satu cara menanam bunga melati yang cukup mudah dan efisien adalah dengan menggunakan pot. Namun ternyata, kesalahan dalam menaman dan merawat akan menyebabkan melati gagal tumbuh. Kira-kira bagaimana cara menanam bunga melati yang benar di dalam pot agar cepat tumbuh? Berikut ulasana lengkapnya untuk Anda.

3 Cara Menanam Bunga Melati di Pot

Sebelum menanam bunga melati, Anda perlu memastikan bahwa pot yang digunakan telah memiliki lubang berukuran tidak terlalu besar di bagian bawah. Selanjutnya, berikut cara menanam bunga melati dengan mudah di pot, yaitu:

1. Membuat dasaran

Masukkan pecahan bata merah atau genting hingga mencapai sepertiga tinggi pot. Tujuan memberi dasaran ini adalah mengatur aliran air (drainase) dan sirkulasi udara (aerasi).

Susunan pecahan bata atau genting yang berongga tersebut menjadi jalan masuknya oksigen yang dibutuhkan melati untuk bernapas. Selain itu, susunan yang tidak teratur akan membuat akar pohon melati nantinya dapat bebas tumbuh ke segala arah dan lebih kuat.

2. Memasukkan media tanam

Setelah membuat dasaran, silahkan tambahkan media tanam berupa pasir, tanah, dan pupuk organik. Takarannya menggunakan rasio perbandingan 1:1:1. Perlu diingat, karakteristik tanah yang bagus untuk menanam melati adalah berhumus dan gembur. Sementara pupuk organiknya dapat berupa Growmore dan Gandasail.

3. Menanam biji atau stek bunga melati

Langkah terakhir adalah dengan menanam biji atau stek (menanam batang). Apabila Anda menggunakan teknik tanam biji, maka caranya adalah memasukkannya ke media tanam dengan kedalaman 2 cm.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menanamnya dengan teknik stek, caranya yaitu mengambil tangkai bungai melati yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Panjannya sekitar 10-15 cm dari pucuk. Kemudian tanam tangkai tersebut pada media tanam sedalam 2-3 cm.

Perawatan Setelah Menanam Bunga Melati

Setelah mengetahui cara menanam bunga melati dalam pot, selanjutnya Anda perlu memperhatikan beberapa perawatan yang harus dilakukan agar melati cepat tumbuh dan berkembang.

1. Menyiram secara rutin

Perawatan yang wajib Anda lakukan adalah menyiram melati. Aturannya adalah 1-2 kali sehari saat pagi dan sore.

2. Memberi pupuk

Setelah usia melati sudah mencapai 2 minggu, Anda perlu memberinya pupuk NPK yang dapat merangsang pertumbuhan. Dosisnya sekitar 5 gram per tanaman dan cukup dilakukan sebulan sekali.

3. Membersihkan gulma

Pada umumnya, melati yang sudah berusia sekitar satu bulan akan tumbuh gulma (rumput liar) di sekitarnya. Keberadaan gulma ini akan menghambat perkembangan melati. Maka dari itu, Anda wajib membersihkannya.

4. Memangkas

Supaya cepat berbunga Anda perlu memangkas cabang melati yang sudah tua, terlihat layu, atau kurang sehat. Waktu pemangkasan dapat dilakukan saat musim kemarau.

Demikian cara menanam bunga melati dan perawatannya. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Admin Star Farm

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top