Inilah Cara Menjodohkan Merpati Agar Cepat Bertelur

Merpati adalah jenis burung yang mudah dijinakkan. Burung ini banyak dipelihara untuk kesenangan atau hobi pecinta burung. Agar burung merpati di rumah beranak pinak, maka Anda bisa mengawinkannya. Cara menjodohkan merpati memang tidak mudah bagi para pemula. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya.

Ketika Anda berniat menjodohkan burung merpati, Anda bisa mengenali berbagai tipe hewan ini terlebih dahulu. Pastikan Anda memiliki sepasang merpati untuk dijodohkan. Terkadang meskipun sudah memiliki sepasang merpati, namun kedua hewan tersebut ternyata tidak berjodoh. Apa yang harus dilakukan?

Cara Menjodohkan Burung Merpati

Anda tidak perlu stress dan khawatir ketika sepasang burung merpati yang Anda miliki ternyata belum berjodoh. Berikut beberapa tips dan cara menjodohkan merpati yang bisa dilakukan.

1. Pilih burung merpati yang tepat

Langkah pertama, pilihlah burung merpati yang tepat untuk dijodohkan. Pilihlah burung jantan yang sudah dewasa. Burung merpati jantan yang sudah dewasa ditandai dengan ia sudah berancah atau sudah bekur. Sedangkan ciri burung merpati yang siap dijodohkan adalah merpati betina yang sudah dewasa.

Pastikan burung merpati yang dipilih sehat dan memiliki nafsu makan yang baik. Jika sedang tidak sehat, ini akan mempengaruhi birahinya. Kondisi merpati yang sehat dan bugar dan bebas dari penyakit apapun harus Anda pastikan terlebih dahulu.

2. Pilihlah burung merpati dengan warna yang bagus

Setelah Anda menemukan merpati dengan ciri-ciri yang sehat, cara menjodohkan merpati adalah dengan memilih warna. Ternyata, warna burung merpati sangat berpengaruh pada proses perjodohan. Merpati jantan menyukai warna-warna tertentu. Anda bisa memilih burung merpati betina dengan warna yang bagus.

Warna hewan betina yang bagus adalah yang tidak kusam. Ini akan sangat disukai oleh merpati jantan. Anda juga bisa mencari si betina yang memiliki sikap lenjeh. Ini akan membuatnya mudah dibekuri oleh si jantan dan rajin bertelur.

3. Mandikan dan jemur

Jika Anda sudah mendapatkan sepasang burung merpati tepat untuk dijodohkan, maka segera mandikan kedua hewan tersebut. Mandikan sepasang burung di pagi hari. Cara memandikannya tidak berbeda dengan memandikan burung-burung seperti biasa. Anda bisa menggunakan semprotan atau pun dengan membasahinya.

Setelah dimandikan, cara menjodohkan merpati selanjutnya adalah dengan menjemurnya. Jemurlah burung merpati di pagi hari. Jemurlah dalam waktu kurang lebih 3 jam jika memang cuaca sedang cukup panas. Jika cuaca kurang panas, Anda bisa memberikan tambahan waktu 1 jam.

4. Jodohkan burung merpati jantan dan betina

Jika Anda sudah menyelesaikan ketiga langkah di atas, kini sepasang burung yang telah dipilih siap untuk dikawinkan. Berikut beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan.

  • Berikanlah makanan dan minuman yang cukup pada sore hari sehingga burung bisa beristirahat dengan cukup.
  • Masukkan sepasang burung merpati dalam kandang yang sama
  • Berikan lampu penerangan agar kedua burung bisa berkenalan
  • Siapkan kardus bekas yang sudah diberi lubang. Ini akan dijadikan sebagai tempat perkawinan
  • Masukkan kedua burung ke dalam kardus tersebut pada malam harinya
  • Ketika siang hari tiba, keluarkan burung dan masukkan dalam satu kandang. Beri makanan seperti kacang hijau atau jagung
  • Masukkan merpati ke dalam kardus lagi. Lakukan penyekapan kurang lebih 3 hari. Namun pastikan, Anda telah memberikan makanan dan minuman di dalamnya
  • Setelah 3 hari berlalu, Anda bisa melakukan pengetesan. Ambil betina dari kandang dan bekurkan dengan merpati jantan lain. Jika mereka berjodoh, pejantan di kandang akan merasa gelisah dan ingin terbang.
  • Lepaskan pejantan agar bisa hafal dan mengikuti betinanya
  • Jika sudah bertelur, maka istirahatkan burung dan biarkan ia mengerami telurnya

Cukup mudah bukan? Lakukan dengan baik agar burung merpati Anda bisa bertelur dalam waktu yang cepat. Sebenarnya, cara menjodohkan merpati tidaklah sulit dilakukan. Terlebih lagi bagi Anda yang sudah memelihara merpati dalam waktu lama. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top