Ragam Jenis Pakan Alami Agar Kelinci Cepat Birahi

Kelinci merupakan jenis binatang mamalia lucu yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Selain dipelihara sebagai binatang kesayangan, banyak pula orang yang memiliki usaha beternak kelinci. Peternak kelinci harus benar –benar paham dengan beberapa jenis pakan alami agar kelinci cepat birahi sehingga bisa cepat bertambah banyak.

Ketika kelinci yang diternak tidak ada keinginan untuk kawin, maka Anda harus memperhatikan hal tersebut. Misalnya dengan memberikan beberapa jenis makanan yang bisa membuat hewan ini cepat birahi. Tidak perlu membeli makanan instan di toko. Banyak pakan alami yang bisa didapatkan dengan mudah di kebun dan pasar yang bisa Anda berikan.

Jenis Pakan Alami Agar Kelinci Cepat Birahi

Kondisi kelinci yang tidak cepat birahi memang bisa disebabkan karena beberapa hal. Bisa jadi hewan ini sedang stress, obesitas, kandangnya kurang tepat, bahkan karena nutrisi makanan yang didapatkannya kurang sesuai. Maka, perhatikan beberapa pakan alami agar kelinci cepat birahi berikut.

1. Daun kobis

Kobis merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran yang dibudidayakan di daerah dataran tinggi ini nyatanya sangat tepat diberikan untuk kelinci agar cepat birahi. Anda bisa membeli kobis dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

Bahkan, banyak pula pedagang kubis yang meninggalkan kobis bagian luar yang mengembang begitu saja di pasar. Sedangkan kobis bagian dalam dijual. Peternak kelinci bisa mengambil kobis sisa di pasar atau bahkan bisa membeli kobis langsung dari petaninya. Jadi , dipastikan harga kobis lebih murah.

Jenis pakan alami agar kelinci cepat birahi ini bisa disimpan dengan mudah di kulkas. Anda bisa memberikannya beberapa hari sekali. Kelinci memang sangat menyukai kobis. Amati perubahan kelinci Anda setelah mengkonsumsi kobis.

2. Kangkung

Kangkung adalah jenis sayuran yang disukai oleh banyak orang. Selain itu, ternyata kangkung juga menjadi jenis pakan alami yang bisa diberikan kepada kelinci agar cepat birahi. Kangkung nyatanya menjadi makanan favorit binatang ini. Berikan kangkung yang masih segar setiap hari.

Ketika akan memberikan kangkung kepada kelinci, Anda bisa menganginkan-anginkannya terlebih dahulu. Jika tidak, ini bisa menimbulkan masalah pencernaan pada kelinci. Kelinci justru bisa sakit bahkan mati jika masalah pencernaan akibat mengkonsumsi kangkung dibiarkan terus menerus.

3. Kacang panjang

Jenis pakan alami agar kelinci cepat birahi kacang panjang ini dibilang sangat ampuh. Kacang panjang dikenal sebagai makanan yang bisa meningkatkan birahi bagi mahluk hidup, termasuk pada kelinci. Anda bisa memberikan kacang panjang sebagai makanan selingan.

Ketika Anda memberikan berbagai jenis makanan pada kelinci, sebaiknya lakukan pengamatan terlebih dahulu. Amati makanan apa yang paling disukai olehnya. Jangan pernah memberikan pakan yang tidak disukai atau bahkan berbahaya bagi kelinci.

4. Daun kacang

Daun kacang merupakan jenis pakan kelinci yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Di pasar tradisional, Anda bisa membeli daun kacang dengan harga yang sangat murah. Meskipun demikian, bukan berarti daun kacang merupakan pakan murahan. Pakan jenis ini justru bisa meningkatkan birahi kelinci dalam waktu yang cukup cepat.

5. Labu kuning

Labu kuning ternyata bukan hanya makanan yang bergizi bagi manusia. Namun, jenis sayuran ini terbukti bisa meningkatkan birahi kelinci dalam waktu yang cukup cepat. Labu kuning bisa dengan mudah didapatkan di pasar dan harganya pun murah. Anda bisa memberikan labu kuning dengan teratur. Jangan berlebihan karena bisa membuat kelinci over birahi dan menimbulkan masalah baru.

6. Buah pir

Buah pir merupakan jenis buah yang disukai oleh banyak orang. Selain itu, memberikan buah pir ternyata bisa meningkatkan birahinya. Khasiat buah pir bagi kelinci sangat luar biasa. Meskipun harganya sedikit mahal, namun Anda bisa memberikannya sesekali.

Berikan pakan alami agar kelinci cepat birahi dengan teratur. Pastikan kelinci Anda mendapatkan pakan yang baik dan penuh nutrisi agar bisa cepat berkembang biak. Berikan makanan alami yang mudah didapatkan di sekitar Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top