6 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Kambing

Kambing merupakan hewan ternak yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Binatang ini termasuk mudah dalam hal perawatan dan pakannya. Agar kambing Anda sehat dan bisa dijual dengan harga tinggi, Anda harus merawatnya dengan baik. Pelajari cara meningkatkan daya tahan tubuh pada kambing agar mereka tidak mudah sakit. Pasalnya, cukup banyak penyakit yang bisa menyerang kambing dan berakhir pada kematian.

Agar kambing selalu sehat dan kuat, maka pemberian pakan dan nutrisi harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Jangan asal-asalan dalam memberikan pakan pada kambing. Salah pakan kambing bisa mengalami diare. Begitu pula, jagalah kebersihan kandang. Jika kandang jorok dan tidak pernah dibersihkan, maka kambing rentan terserang penyakit.

6 Tips Meningkatkan Imunitas Pada Kambing

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh pada kambing ?

1. Berikan pakan hijau

Cara pertama, berikanlah pakan hijau dengan kadar 10% dari total berat badan kambing. Pemberian pakan hijau bisa dilakukan sedikit demi sedikit dalam waktu 3 kali sehari. Jadi, jangan berikan pakan terlalu banyak sekaligus.

Pemberian makan secara berkala memiliki tujuan agar kandungan gizi dan nutrisi bisa terserap dengan baik oleh tubuh kambing. Berikan kesempatan pada kambing untuk istirahat makan karena mereka termasuk hewan memamah biak.

2. Berikan pakan jenis kering

Selain memberikan pakan hijau, cara meningkatkan daya tahan tubuh pada kambing adalah dengan memberikannya pakan kering. Pakan kering apa yang cocok diberikan untuk kambing? Anda bisa memberikan bekatul, ampas tahu, ampas singkong, hingga kulit kacang hijau. Ini bisa menjadi tambahan nutrisi pada hewan kambing.

3. Air dan garam

Seperti makhluk hidup lainnya, kambing juga membutuhkan minuman dan kandungan garam untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Sediakanlah air dalam waktu 24 jam karena kambing merupakan hewan yang membutuhkan banyak air.

Untuk pemberian garam, Anda bisa memberikannya dalam takaran 7 gram per ekor setiap harinya. Cara efektif untuk memberikan garam adalah dengan menggunakan garam bata. Jadi kambing bisa menjilatinya dengan mudah.

4. Memberikan pakan fermentasi

Pakan fermentasi bisa dibuat dengan menggunakan jerami padi. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah, siapkan jerami padi yang sudah dipotong-potong ukuran 5cm dalam terpal bersih.

Tambahkan air gula dan probiotik. Taburkanlah bekatul secara tipis-tipis sambil disirami larutan gula dan probiotik. Injak-injak jerami hingga padat dan simpanlah rapat-rapat hingga tidak ada udara di dalamnya. Diamkan 14 hari dan berikanlah pada kambing sesuai kebutuhan.

5. Berikan suplemen makanan

Suplemen makanan juga menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh pada kambing Anda. Berikan suplemen makanan seperti pelengkap mineral N, P, K, Ca, Mg, Cl, dan lain-lain untuk membantu pembentukan penyusunan tulang dan darah. Kandungan mineral juga bisa membantu memperlancar metabolisme pada tubuh kambing.

6. Berikan pakan instan

Pakan instan merupakan jenis pakan yang bisa langsung dibeli di toko makanan hewan ternak. Untuk jenis pakan instan telah mengandung kadar nutrisi dan gizi yang super lengkap. Anda tinggal memilih jenis pakan yang sesuai.

Pemberian makanan instan bisa dilakukan dengan mencampurkan air di dalamnya. Perlakuan ini akan membuat kebutuhan air pada hewan kambing menjadi tercukupi.

Berikanlah nutrisi yang lengkap untuk hewan ternak agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya. Lakukan cara meningkatkan daya tahan tubuh pada kambing. Dengan demikian, peternakan kambing Anda akan menjadi lebih besar dan memberikan keuntungan yang banyak.

Leave a Reply

0
Scroll to Top