Cara Penanganan Pasca Kelahiran Pada Kambing | Jangan Salah!

Kambing merupakan salah satu jenis hewan mamalia dan berkembangbiak dengan cara melahirkan. Bagi para peternak kambing, mengetahui cara penanganan pasca kelahiran pada kambing merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, binatang ini memang memerlukan penanganan khusus pasca melahirkan. Jika tidak dibantu dan ditolong saat melahirkan, kambing akan sekarat dan efek terburuknya adalah kematian.

6 Cara Penanganan Kambing Pasca Melahirkan

Ketika kambing sedang melahirkan, maka kaki belakang induk akan mengalami peregangan. Ini akan membuat ekornya tegak ke atas. Anda akan melihat kambing tampak mengejan dan akhirnya melahirkan. Jika anak kambing yang dilahirkan bukan hanya satu, maka jarak antara kelahiran anak pertama, kedua, dan ketiga biasanya berlangsung selama kurang lebih 15 menit.
Setelah kambing melahirkan, berikut tata cara yang penting untuk Anda lakukan.

1. Awasi selalu kambing yang sedang melahirkan

Untuk cara penanganan pasca kelahiran pada kambing pertama adalah selalu fokus dan menemani proses melahirkan. Luangkan waktu Anda sejenak untuk mengamati dan menangani proses kelahiran kambing. Biasanya, proses kelahiran berjalan dengan lancar. Namun, tidak dapat dihindari pula jika suatu kali kambing milik Anda melahirkan dengan masalah atau anak kambing sulit keluar.

2. Biarkan induk kambing menjilati anak

Membersihkan anak kambing yang baru lahir memang merupakan proses dan cara penanganan pasca kelahiran pada kambing yang tepat. Namun sebelum itu, Anda bisa membiarkan induk kambing untuk menjilati anaknya terlebih dahulu. Jika induk mau menjilati anaknya sendiri, maka ia mampu untuk merawat dan menyusui anaknya kelak. Anda hanya tinggal membersihkan kembali dan mengeringkan tubuh anak kambing agar ia bisa bernafas dengan normal.

3. Bersihkan menggunakan kain bersih

Ketika melakukan pembersihan pada anak kambing, Anda bisa menggunakan kain yang bersih. Jangan sepelekan hal ini. Jika kain yang digunakan tidak bersih, maka kambing rentan terkena iritasi.

4. Pastikan anak kambing segera menyusu

Layaknya bayi manusia, bayi kambing yang baru dilahirkan pun juga harus langsung menyusu. Jika tidak, anak kambing bisa mengalami dehidrasi. Anak kambing yang baru lahir harus Anda pastikan menyusu 4 jam pasca kelahiran. Waktu ini sangat efektif karena susu yang diminum 4 jam pasca kelahiran mengandung kolostrum tinggi. Ini membuat daya tahan tubuh anak kambing menjadi lebih kebal sehingga tahan terhadap berbagai jenis virus.

5. Berikan botol susu jika kondisi anak kambing lemah

Tidak semua anak kambing lahir dalam kondisi sehat dan kuat. Untuk anak kambing yang lahir sehat, mereka bisa langsung menyusu induknya. Namun, cara penanganan pasca kelahiran pada kambing untuk anak kambing yang lemah bisa dibantu dengan menggunakan botol susu atau alat suntik tanpa jarum. Anda bisa mengisikan kolostrum atau susu yang diperah dari induknya dan diberikan pada anak kambing.

6. Perawatan induk pasca melahirkan

Tidak hanya merawat anak kambing yang baru lahir, merawat induk kambing pasca melahirkan juga merupakan tugas Anda. Rawatlah induk dengan sebaik-baiknya. Bersihkan bagian alat kelamin kambing, bagian ambing, dan puting susunya. Bersihkan menggunakan lap yang telah dicelupkan pada air hangat. Pastikan semua bagian tersebut bersih agar induk kambing terhindar dari infeksi maupun gangguan lainnya.

Penting bagi para peternak untuk memperhatikan cara penanganan pasca kelahiran pada kambing dengan sebaik-baiknya. Jangan pernah menyepelekan hal tersebut karena bisa berakibat fatal baik bagi induk kambing maupun anak kambing. Upayakan untuk selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah melakukan perawatan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top