7 Cara Menghilangkan Lalat Pada Sapi yang Mudah dan Efektif

Kehadiran lalat di dalam sebuah kandang bukan tanpa sebab. Dalam hal ini, peternak harus mencari cara menghilangkan lalat pada sapi yang efektif dan mengusir lalat selamanya. Lalat merupakan salah satu binatang pengganggu dan bisa membahayakan kesehatan hewan-hewan ternak. Sayangnya, banyak lalat di kandang menjadi indikasi buruknya sistem kebersihan kandang itu sendiri. Padahal kebersihan adalah syarat utama yang harus dipenuhi untuk menumbuhkan hewan ternak berkualitas.

Cara Menghilangkan Lalat pada Sapi

Perlu diketahui bahwa kehadiran lalat bukan hanya sebagai pengganggu saja dan menyebabkan sapi menjadi stres. Hewan ini juga membawa bahaya. Lalat bisa menempel pada luka sapi dan menyebarkan penyakit melalui bakteri yang dibawa pada kaki-kakinya. Luka sapi akan terinfeksi dan membusuk.

Berikut ini adalah cara menghilangkan lalat pada sapi yang terbukti ampuh dan efektif. Lalat akan berkurang drastis dan bahkan tidak akan kembali lagi.

1. Bersihkan Sisa Makanan Ternak

Lalat-lalat berdatangan ke kandang karena ada suatu hal yang menarik seperti sisa makanan ternak, tumpukan kotoran dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, jangan sampai kandang dalam kondisi kotor karena hal-hal tersebut. Sisa makanan ternak yang tidak habis bisa dibakar. Hal ini bertujuan supaya timbul asap dan mengusir lalat dari kandang.

2. Gunakan Lem Perekat Lalat

Lem perekat lalat adalah cara yang cukup ampuh untuk menangkap sekaligus membunuh lalat. Lem ini akan mengurangi populasi lalat secara signifikan. Lalat yang menempel di kertas berperekat tidak akan bisa kabur dan akhirnya mati. Meskipun cukup efektif dan harganya murah, pemakaian lem perekat lalat dibutuhkan pengawasan ekstra. Kertas lem bisa termakan oleh sapi jika diletakkan di dekatnya.

3. Gunakan Obat Hama Pertanian

Populasi perkembangan lalat memang sangat cepat apalagi jika media pertumbuhannya cukup kondusif. Anda bisa menggunakan obat hama pertanian yang dianggap sangat ampuh untuk mengurangi populasi lalat seketika. Contohnya adalah obat Ralat dan Triclofor. Lalat akan cepat mati begitu terkena semprotan cairan Triclofor yang dicampur dengan 1,5 liter air.

4. Gunakan Obat Bahan Organik

Cara menghilangkan lalat pada sapi yang juga cukup mudah dipraktekkan adalah dengan menggunakan campuran bahan organik. Anda bisa menggunakan campuran ¼ kg tembakau, ¼ kg biji Mahoni, 1 sachet shampoo dan 4 liter air. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk isi Mahoni dan tembakau, kemudian campur dengan shampoo dan air mendidih. Oleskan campuran ini ke seluruh tubuh sapi kecuali area mukanya.

5. Irisan Daun Pandan

Tahukah Anda bahwa lalat tidak menyukai aroma dari daun pandan. Anda bisa memanfaatkan celah ini. Iris halus beberapa lembar daun pandan dan letakkan dalam baskom. Letakkan irisan daun pandan ini di dalam kandang untuk mengusir lalat yang masih beterbangan.

6. Semprotkan Cuka Apel

Beberapa peternak menggunakan cuka apel untuk mengusir lalat dari kandang. Bahan ini memang sudah lama dipergunakan sebagai campuran obat mengusir lalat karena baunya yang tajam.

7. Tanam Tanaman Pengusir Lalat

Cara terbaik menghindari hadirnya lalat di kandang adalah dengan menanam tumbuhan yang tidak disukai oleh hewan ini. Contohnya adalah tanaman lavender, mint, selasih, false indigo dan elderberry. Tanaman ini selain mengusir lalat dan nyamuk, juga akan menciptakan keindahan di sekitar kandang.

Itulah tujuh cara menghilangkan lalat pada sapi yang mudah dilakukan dan cukup efektif. Meskipun tidak banyak, kehadiran lalat di sekitaran kandang pasti akan mengganggu ketenangan sapi, apalagi jika hewan ini hadir dalam jumlah besar. Jangankan sapi, peternak saja mungkin juga akan merasa risih dan enggan. Jadi, pastikan kandang sapi Anda terbebas dari lalat pengganggu.

Leave a Reply

0
Scroll to Top