Praktis, Begini Cara Menanam Selada di Rumah dengan Pot dan Pollybag

Siapa yang tak tahu dengan sayur selada di mana sering dijadikan lalapan hingga sisipan sayur pada burger Anda. Selada sendiri merupakan tanaman yang bisa ditanam dalam iklim sedang maupun tropis, sehingga di daerah-daerah tersebut konsumsi selada cukup tinggi.

cara-menanam-selada-star-farm

Belakangan ini, banyak orang yang mulai menanam selada sendiri di rumah menggunakan metode hidroponik, pot, hingga pollybag biasa. Nah, jika Anda juga mulai tertarik dengan menanam selada sendiri, maka berikut adalah cara menanam selada di pot dan pollybag yang bisa Anda lakukan di rumah. Yuk simak!

Cara Menanam Selada di Pot dan Pollybag

Ada berbagai cara menanam selada, namun salah satu metode yang paling praktis adalah dengan menanamnya di pot maupun pollybag, antara lain:

1. Persiapan dan Penyemaian Benih

Benih selada bisa Anda beli di toko pertanian terdekat, setelah mendapatkan benih maka langkah selanjutnya adalah menyemai menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Biarkan benih tumbuh di tempat penyemaian selama 17 hari, namun jangan lupa sering-sering disemprot agar penyemaian tidak kering.

2. Penanaman

Setelah berusia 17 hari, maka pindahkan bibit selada ke pot atau pollybag yang diisi tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Pindahkan pollybag atau pot yang sudah ditanami bibit selada ke tempat yang lebih terkena sinar matahari.

3. Penyiraman

Selada masuk dalam tanaman yang membutuhkan pengairan cukup, sehingga Anda harus rutin dalam penyiraman. Saat musim kemarau, Anda bisa menyiram 3 kali sehari, namun dalam waktu penghujan Anda tak perlu menyiramnya namun mengontrol penerimaan air. Jangan sampai selada sampai terendam karena malah akan membuat daunnya cepat busuk.

4. Pemupukan

Pemupukan pada selada termasuk pemupukan ringan karena hanya perlu disiram air rendaman pupuk kandang setiap 5 hari sekali.

5. Panen

Selada akan bisa dipanen setelah berumur 2 bulan atau 40 hari setelah ditanam. Cara pemanenan mudah, Anda hanya perlu mencabutnya sampai akar atau hanya memotongnya saja.

Itulah 5 cara menanam selada selada menggunakan pot maupun pollybag yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bagaimana, Anda tertarik melakukannya sendiri di rumah? Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top