Mudah Dilakukan! Yuk Coba 3 Cara Budidaya Tanaman Hias Dalam Pot

Saat Anda ingin menghadirkan kesan asri di dalam rumah, maka Anda bisa mengakalinya dengan tanaman hias. Jenis tanaman hias sendiri biasanya hanya digunakan untuk fungsi estetika saja, sehingga sesuai namanya yaitu hias.

Cara-Budidaya-Tanaman-Hias-Star-Farm

Meskipun hanya memiliki manfaat estetika saja, nyatanya tanaman hias masih bayak diminati baik untuk berbagai keperluan baik untuk tanaman rumahan hingga untuk properti acara. Jika Anda mulai tertarik dengan tanaman yang satu ini, maka berikut adalah cara budidaya tanaman hias yang paling mudah dilakukan.

3 Cara Menanam Tanaman Hias di Pot

Ada beberapa cara menanam tanaman hias di pot yang bisa Anda lakukan menanam tanaman hias, antara lain:

1. Persemaian

Agak tidak repot, belilah bibit bunga di toko-toko agar tak perlu memilih dan membesarkan dari benar-benah benih. Setelah mendapatkan bibit tanamannya, maka gunakan pot atau pollybag sebagai wadah penyemaian.

Sebelum ditanam, pastikan isi dari media penyemaian adalah tanah, pasir, dan pupuk kandang. Semai benih-benih tumbuhan hias dan rawat dengan pengairan cukup sehingga dalam waktu 4 hingga 6 bulan tanaman yang disemai sudah mulai berkecambah.

2. Penanaman

Penanaman bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, namun berikut adalah beberapa langkah untuk menanam tanaman hias di pot.

Persiapkan pot kemudian masukkan tanah, sekam, dan pupuk dengan perbandingan 2:1:1 di mana ukuran pot bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Tanam benih-benih yang sudah berkecambah pada pot-pot yang telah disediakan komposisinya.

3. Perawatan

Step selanjutnya dalam budidaya tanaman hias adalah dengan merawat benih-benih tanaman yang sudah ditanam. Caranya, Anda hanya perlu rutin menyiramnya setiap pagi antara jam 6 hingga 9 pagi.

Kemudian, lakukan juga pemupukan dengan menggunakan NPK dengan dosis 2 – 5 gr/tanaman secara rutin. Lakukanlah setidaknya 1 kali dalam waktu 5 sampai 7 hari. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiangan atau pembersihan gulma secara berkala. Selain itu, lakukan juga pengendalian hama dengan menggunakan pestisida organik.

Demikianlah beberapa uraian mengenai cara budidaya tanaman hias yang baik dan benar. Tanaman hias sendiri akan sangat cocok ditempatkan di rumah, ruang kerja, dan sebagai properti dekorasi. Melihat prosesnya yang tidak terlalu sulit, apa Anda tertarik mencoba melakukan budidaya tanaman hias? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top