Berikut Cara Menanam Bunga Lavender yang Tepat Supaya Cepat Tumbuh

Bukan hal yang sulit, cara menanam bunga lavender sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan. Bunga lavender merupakan salah satu jenis bunga yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain bagus untuk hiasan, bunga ini juga memiliki manfaat penting yaitu menjauhkan dari gangguan nyamuk di dalam rumah.

Tanaman ini juga banyak dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan produk kesehatan dan kecantikan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak info berikut.

5 Cara Menanam Bunga Lavender yang Harus Anda Ketahui

Umumnya, kita mengetahui bunga lavender berwarna ungu saja. Namun ternyata bunga ini memiliki banyak sekali varietas warna lain seperti biru, kuning, ungu kekuningan dan ungu kehitaman. Ada setidaknya 25 jenis bunga lavender dengan karakteristik berbeda-beda.

Bunga lavender sangat tepat sekali untuk dipelihara di dalam rumah. Aromanya selain wangi juga mampu mengusir kehadiran nyamuk-nyamuk pengganggu. Warnanya yang menarik juga akan menghadirkan kesan alami di dalam rumah Anda.

Bagi Anda yang penasaran cara menanam bunga lavender, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, yaitu :

1. Pilih Bibit Lavender

Anda bisa mendapatkan bibit bunga lavender di toko-toko pertanian setempat. Pastikan bibit yang Anda beli dalam kondisi bagus, tidak dimakan serangga, kutu ataupun semut.

Jangan lupa untuk memastikan tanggal kadaluarsa bibit karena bibit lavender memiliki masa aktif. Bibit yang sudah kadaluarsa tidak akan tumbuh dengan baik dan maksimal. Kualitas bibit sudah menurun karena terlalu lama tidak disemaikan.

2. Siapkan Media Tanam

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam untuk menyemaikan bibit. Media tanamnya terdiri dari tanah, pupuk kompos, sekam, kerikil dan pasir. Campur semua bahan tersebut hingga rata karena benih membutuhkan tanah yang gembur.

Untuk penyemaian, Anda bisa menggunakan polybag kecil yang sudah dilubangi bagian dasarnya dan masukkan styrofoam. Masukkan tanah secukupnya untuk tempat penyemaian. Buat beberapa lubang dalam polibag tempat menanam benih.

3. Proses Penyemaian

Dalam satu polibag, Anda bisa memasukkan satu atau beberapa benih bunga lavender. Pastikan tidak terlalu banyak supaya tidak mengganggu proses pertumbuhannya. Setelah benih dimasukkan ke lubang yang dibuat sebelumnya, tutup kembali dengan tanah dan padatkan.

Cara menanam bunga lavender yang tepat adalah menyiram dengan sedikit air dan jangan sampai air tergenang. Kemudian, letakkan polibag di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung supaya benih mendapatkan sinarnya.

4. Pindahkan ke Lahan

Perhatikan benih sampai tanaman lavender mulai bertumbuh. Bibit siap dipindahkan saat sudah mencapai tinggi 15 cm. Sebelum dipindahkan, Anda harus menyiram bibit terlebih dahulu setidaknya satu jam sebelumnya.

Buat lubang di tanah dengan jarak sekitar 30 – 45 cm. Hal ini bertujuan supaya setiap tanaman mendapatkan sinar matahari dan nutrisi yang sama rata. Pemindahan bibit ke lahan dilakukan dengan cara memindahkan tanah penyemaiannya sekaligus.

Tanam bibit lavender dengan posisi tegak lurus. Padatkan tanah tempat penanaman lalu kemudian siram air secukupnya. Bunga lavender akan mulai beradaptasi dengan media tanam yang baru.

5. Proses Perawatan

1. Penyiraman

Penyiraman tanaman dilakukan seperlunya karena sifat lavender tidak menyukai tanah yang lembab. Air berlebih hanya akan membuat akar tanaman ini menjadi busuk.

2. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan. Sebaiknya dilakukan setidaknya beberapa kali dalam setahun. Bagian yang harus dipangkas adalah bagian yang mungkin akan muncul tunas tanaman baru.

3. Pemupukan

Sebaiknya dihindari menggunakan pupuk kimia karena tanaman ini cukup sensitif dan mudah layu. Disarankan untuk menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang. Pemupukan bisa dilakukan saat tanaman berusia 1 bulan.

Bunga lavender adalah bunga yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Itulah mengapa bunga ini dapat tumbuh dengan cepat dan subur. Pastikan Anda mengikuti cara menanam bunga lavender di atas supaya mendapatkan hasil bunga yang baik dan sehat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top