Cara Menanam Lidah Buaya yang Benar Supaya Tumbuh Besar dan Sehat

Banyak sekali masyarakat yang mencoba menanam lidah buaya di rumah namun hasilnya kurang maksimal. Ini disebabkan karena mereka belum mengetahui cara menanam lidah buaya yang benar. Tanaman lidah buaya tidak tumbuh besar bahkan banyak yang mati dan mengering.

Mengingat manfaatnya yang sangat banyak, sebuah kerugian jika memiliki tanaman lidah buaya namun tidak bisa menumbuhkannya dengan baik. Karena itu, ikutilah beberapa cara berikut ini supaya lidah buaya Anda bisa tumbuh subur dan besar.

Cara Menanam Lidah Buaya yang Benar di Rumah

Selain dijadikan tanaman hias, lidah buaya dapat pula dikonsumsi. Tanaman ini berguna untuk mengatasi panas dalam, maag hingga diabetes. Pada pemakaian luar, lidah buaya bisa dipakai untuk merawat kesehatan kulit dan rambut.

Banyaknya manfaat lidah buaya membuat banyak ibu rumah tangga ingin menanamnya sendiri di rumah. Namun kekurangan informasi mengenai cara menanam yang benar membuat tanaman lidah buaya menjadi mati.

Oleh sebab itu, perhatikan cara menanam lidah buaya yang benar berikut ini supaya tanaman Anda bisa tumbuh sehat dan subur. Diantaranya adalah :

1. Siapkan Bibit yang Berkualitas

Bibit berkualitas bisa didapatkan dari toko pertanian atau dari pembudidaya tanaman lidah buaya. Anda juga bisa mendapatkan bibit lidah buaya dari tanaman lidah buaya yang sudah jelas nampak sehat dan besar. Bibitnya akan menjadi bibit berkualitas.

Ambillah anakan atau tunas lidah buaya yang biasanya tumbuh di sekitar tanaman induknya. Anda bisa mencongkelnya dengan pisau supaya akar anak lidah buaya ini ikut terangkat. Lidah buaya yang ditanam dari tunas akan memiliki kualitas yang sama dengan indukannya.

2. Olah Media Tanam

Siapkan tanah yang sudah dicampur dengan pasir dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Tanah yang subur dan gembur adalah media hidup yang baik untuk lidah buaya. Mereka akan mendapatkan cukup nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Anda bisa menggunakan pot atau polibag yang diisi dengan campuran tanah tadi. Jika ingin menanamnya langsung di tanah, usahakan untuk mencangkulnya terlebih dahulu sambil menaburkan pupuk kandang.

3. Proses Penanaman dan Pemupukan

Buat lubang sebesar bibit lidah buaya dan sepanjang akar yang telah Anda ambil. Tanam anakan lidah buaya dan tutup permukaannya dengan tanah. Siram dengan sedikit air namun tidak sampai membuatnya tergenang atau becek.

Satu hal yang harus Anda perhatikan dalam cara menanam lidah buaya yang benar ini adalah proses pemupukannya. Lidah buaya bisa mulai dipupuk sejak usia 3 – 4 bulan. Anda bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Setiap tanaman membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang. Tanpa pupuk, lidah buaya akan kekurangan nutrisi apalagi jika Anda menanamnya di dalam pot. Nutrisi yang ada sebelumnya telah terserap habis oleh tanaman. Oleh sebab itu, pemupukan adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan.

4. Proses Pemanenan

Tanaman lidah buaya bisa mulai dipanen saat usianya menginjak 1 tahun sejak masa penanaman. Biasanya, daun yang paling luar akan berukuran sekitar 50 – 75 cm dan ini saat yang paling tepat untuk memanennya.

Potong daun lidah buaya dari bagian yang paling luar karena biasanya memiliki kandungan isi paling banyak. Anda bisa segera memanfaatkannya baik untuk dikonsumsi atau dipergunakan sebagai produk perawatan dan kecantikan.

Jika 4 cara menanam lidah buaya yang benar tersebut Anda kerjakan dengan tepat, maka dipastikan budidaya Anda akan sukses. Selain mempercantik halaman, tanaman ini akan memberikan manfaat yang luas bagi seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top