Cara Menanam Anggur dari Batang Cepat Tumbuh Tunas dengan Mudah

Sejak lama cara menanam anggur dari batang menjadi favorit banyak orang, terutama di kalangan pembudidaya buah. Pasalnya, teknik stek dapat dilakukan dengan mudah, cepat, murah, serta menghasilkan serupa indukannya. Namun sayangnya, belum banyak orang mengetahui caranya dengan benar, sehingga batang gagal mengalami regenerasi akar dan pucuk daun. Nah, sebenarnya bagaimana tekniknya? Silahkan ikuti langkah di bawah ini.

Cara Tanam Anggur dari Keratan Batang

Berikut cara tanam anggur dari keratan batang yang terbagi menjadi tiga tahapan, yakni persiapan, stek, dan perawatan.

1. Tahap persiapan

  • Menyiapkan media tanam. Media tanam berguna saat batang anggur telah tumbuh tunas. Bahannya terdiri dari tanah, pasir, dan sekam bakar. Semua bahan dicampur dengan takaran seimbang untuk mencegah transpirasi berlebihan (berubahnya air menjadi uap air air). Selain itu, khusus untuk tanah terdapat beberapa kriteria, yaitu subur, gembur, dan memiliki derajat keasaman (pH) setinggi 7 (netral).
  • Memilih batang. Ukuran dan kualitas batang anggur berpengaruh besar dalam menentukan keberhasilan stek. Maka dari itu, gunakan batang minimal sepanjang 20 cm, berdiameter seukuran bulpen (lebih besar, lebih baik), dan berwarna coklat.

2. Tahap stek batang anggur

Setelah mempersiapkan media tanam dan batang, selanjutnya langkah-langkah stek batang anggur, yaitu:

  • Potong miring bagian atas batang dan potong datar bagian bawahnya. Cara memotong seperti ini berguna untuk memperluas tempat tumbuh akar, menghindari pembusukan karena air hujan, serta menstimulus regenerasi sel atau jaringan yang rusak.
  • Masukkan batang anggur ke dalam botol plastik yang telah dibelah dan diisi air sekitar 2-3 cm. Pastikan untuk mengganti airnya setiap tiga hari sekali.

3. Tahap perawatan batang anggur

Pada umumnya, stek batang anggur akan tumbuh tunas setelah satu sampai empat minggu. Masing-masing batang bisa jadi memerlukan waktu berbeda. Setelah tumbuh tunas, selanjutnya adalah memindahkannya ke media tanam.

Sebagai perawatan, siram dua atau tiga hari sekali dan letakkan di tempat yang terpapar sinar matahari agar cepat pertumbuhannya.

Itulah informasi lengkap mengenai cara menanam anggur dari batang. Cukup mudah, bukan? Selama Anda mengikuti semua langkahnya dengan benar, dijamin hasilnya pun memuaskan. Yuk, segera menanam batang anggur.

Leave a Reply

0
Scroll to Top