Cara Budidaya Kacang Tanah di Pot, Ternyata Mudah, Lho!

Siapa bilang harus punya sawah atau kebun luas untuk bisa menanam kacang tanah? Seiring perkembangan agribinis, cara bercocok tanam pun semakin mudah dan praktis. Salah satunya melalui budidaya kacang tanah di pot. Anda tak perlu khawatir, meski bukan di lahan luas, nantinya juga bisa memanen banyak kacang asal menanam dan merawatnya dengan benar. Maka dari itu, kali ini akan dibagikan caranya untuk Anda.

Cara Menanam Kacang Tanah di Pot

Di bawah ini langkah-langkah menanam kacang tanah di pot agar berbuah banyak. Di jamin Anda berhasil jika menerapkannya dengan baik dan benar.

1. Membibit benih kacang tanah

Benih yang bagus berasal dari kacang tanah baru. Cirinya terlihat mengkilap dan tidak keriput atau cacat lainnya. Setelah memperoleh benih terbaik, secepatnya lakukan pembibitan. Caranya, rendam benih dan kapas ke dalam air hangat. Jika sudah beberapa menit, angkat keduanya. Kemudian, letakkan benih pada kapas, lalu masukkan ke gelas plastik. Tambahkan sedikit air. Tunggu beberapa hari sampai benih tumbuh kecambah.

2. Menyiapkan media tanaman

Siapkan pot atau polybag sesuai jumlah bibit yang dimiliki. Kemudian, isi dengan tanah dan pupuk kandang. Supaya terhindar dari serangan jamur, anda bisa menggunakan obat anti jamur yang dijual di toko toko pertanian. Lalu, untuk meningkatkan kesuburan tanah, Anda juga bisa menambahkan pupuk.

3. Menanam bibit kacang tanah

Satu polybag digunakan untuk satu bibit tanah kacang, sehingga dapat tumbuh dengan baik. Tanam bibit dengan kedalaman sekitar 3 cm. Selanjutnya, letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari, namun tidak terlalu panas.

4. Merawat kacang tanah di pot

Agar budidaya kacang tanah di pot berhasil hingga berbuah, Anda perlu merawatnya dengan baik. Beberapa hal perlu dilakukan di antaranya, menyiram secara rutin, mencabut gulma atau rumput liar, mengganti bibit yang mati, menambahkan pupuk, dan memangkas jika sudah tumbuh lebat.

Demikian cara budidaya kacang tanah di pot yang wajib dicoba. Ya, sekarang Anda bisa menikmati kacang hasil tanam sendiri, meski lahan terbatas. Bagi yang ingin menjadikannya sebagai bisnis, tinggal memperbanyak jumlah pot atau polybag. Selamat mencoba, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online