13 Tips Jitu Cara Memilih Perkutut Bangkok Yang Bagus

Perkutut adalah salah satu hewan yang sering dipelihara di rumah-rumah untuk dinikmati suaranya. Selain karena perawatannya yang relatif mudah, hewan ini juga harganya cukup terjangkau. Namun ternyata banyak juga yang memelihara perkutut bangkok untuk diikutkan dalam perlombaan. Sebelum membelinya, ada baiknya Anda tahu cara memilih perkutut bangkok yang bagus lengkap dengan ciri-cirinya.

Cara Memilih Perkutut Bangkok

Berikut ini adalah beberapa ciri fisik yang dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan.

1. Bentuk paruh

Bentuk paruh perkutut Bangkok yang bagus adalah yang tebal tetapi tidak begitu panjang. Orang-orang di daerah Jawa sering menyebutnya dengan istilah mbundet.

2. Perhatikan Bentuk kepala

Bentuk kepala yang bagus yaitu yang lonjong atau oval seperti bentuk buah pinang. Bentuk ini sangat khas dan bisa menjadi ciri dari perkutut Bangkok yang berkualitas bagus.

3. Bentuk mata

Mata perkutut yang bagus adalah yang cerah berkilauan, jernih, indah, pupilnya hitam menonjol dengan ukuran cukup besar dan bulat.

4. Bentuk hidung

Hidung sebagai tempat bernafas tentu saja memiliki peranan penting bagi perkutut Bangkok. Pilihlah hidung yang menonjol dan agak mancung dan ditutupi dengan bulu halus di sekitarnya.

5. Badan perkutut

Ciri badan perkutut Bangkok yang bagus adalah yang memiliki dada atletis dan bidang. Jangan lupa juga pastikan bahwa bagian belakang punggungnya terlihat agak membungkuk.

6. Bagian leher

Cara memilih perkutut bangkok yang bagus adalah pilihlah perkutut Bangkok dengan bagian leher yang tegak lurus ke depan dan panjang. Tampilan ini biasanya akan membuat burung perkutut Bangkok lebih indah karena akan terlihat terangkat bagian kepalanya.

Di bagian bawah leher ada bagian kantong suara yang terlihat menonjol dan mengembang sebagai tanda bahwa burung tersebut memiliki bakat dan suara yang bagus. Salah satu tips agar suara burung perkutut bagus dan nyaring adalah dengan memberikan kencur secara rutin.

7. Bagian sayap

Perkutut Bangkok yang bagus biasanya memiliki bagian sayap yang bulunya relatif panjang dan terlihat begitu indah berkilau/ mengkilat. Ini akan lebih terlihat saat burung mengepakkan sayapnya sehingga terlihat menarik. Point ini akan menjadi point plus dari burung perkutut bangkok.

8. Bagian kaki

Kaki perkutut bangkok berkualitas adalah yang terlihat tegap saat melakukan kuda-kuda atau berdiri. Selain itu tulang pahanya juga akan terlihat lebih mantap dan memiliki regangan yang tidak terlalu longgar.

Teliti juga bagian jarinya dan pilih perkutut Bangkok dengan jari yang panjang serta bersisik kasar. Walaupun sisiknya kasar namun terlihat rapi dan di bagian akhirnya ukuran sisiknya lebih besar dibanding di bagian lain.

Bila ingin diikutsertakan dalam perlombaan, lebih direkomendasikan kakinya yang warnanya dominan hitam dan agak kemerahan. Di bagian telapak kakinya juga ada sedikit warna putih.

9. Bagian ekor

Ekor perkutut bangkok yang baik terlihat menumpuk dan panjang. Di ujung ekornya terlihat begitu meruncing dan mengerucut kecil.

10. Bagian supit urang

Supit urang dari perkutut Bangkok berkualitas adalah yang agak renggang sehingga terlihat tidak begitu rapat. Bagian ini tentu saja juga terasa tidak keras atau lentur.

11. Suara depan

Karena perkutut Bangkok ini memang dinikmati suaranya, tentu saja pemilihan suara menjadi hal yang penting. Pilih burung yang suara depannya panjang, narik dan bersih.

Sayangnya suara depan ini belum dapat dikenali dengan baik untuk burung perkutut yang masih berusia muda. Oleh karena itu, lebih baik hindari membeli yang suaranya tipis dan basah karena kurang baik kualitasnya.

12. Suara tengah

Suara tengah yang baik dari burung perkutut adalah yang bagian tengahnya memiliki tekanan. Setiap ketukan suaranya akan terdengar berirama sehingga enak untuk didengarkan, menentramkan pikiran dan hati pendengarnya. Hindari membeli burung yang suaranya mengambang karena akan tetap sulit untuk melatihnya menjadi merdu.

13. Suara ujung

Pilihlah burung yang memiliki suara mengalun panjang dan bulat. Hindari membeli burung yang saat bersuara langsung berhenti dengan bunyi kuk karena kurang sedap untuk didengarkan.

Inilah cara memilih perkutut bangkok yang bagus dan berkualitas. Bila Anda sudah menemukan burung dengan ciri di atas, tidak perlu ragu lagi untuk membelinya. Semoga informasi ini membantu dan Anda dapat memiliki perkutut bangkok dengan kualitas unggulan dan juara.

Leave a Reply

0
Scroll to Top