fbpx

8 Cara Memelihara Landak Mini Untuk Pemula

Cara Memelihara Landak Mini

Yuk simak langkah cara memelihara landak mini khusus bagi pemula.

Keinginan memiliki hewan peliharaan yang unik seperti landak mini adalah tren bagi para pecinta binatang. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara perawatannya. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan memilikinya, ada baiknya Anda tahu cara memelihara landak mini untuk pemula.

Dengan bekal tersebut Anda bisa memberikan treatment sebaik mungkin agar tumbuh kembangnya maksimal dan kesehatannya terjamin. Jangan sampai Anda kurang pengetahuan dan membuat landak mini Anda sakit dan berujung dengan kematian.

Langkah mudah cara memelihara landak mini untuk pemula

Berikut ini adalah beberapa cara memelihara landak mini untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Perhatikan setiap detailnya agar landak mini Anda tetap sehat dan terawat.

1. Menyediakan kandang yang nyaman

Hal yang paling utama saat akan memelihara landak mini adalah menyediakan kandang yang nyaman. Pastikan ukuran kandangnya cukup besar untuk landak agar bisa bergerak bebas.

Anda lebih disarankan untuk membeli kandang yang terbuat dari plastik dan logam yang bisa didapatkan di beberapa toko perlengkapan hewan. Selain itu solusi lainnya adalah Anda dapat menempatkan landak pada aquarium kaca.

2. Menyediakan tempat makan dan minum

Makan dan minum adalah kebutuhan yang pokok bagi hewan yang harus benar-benar diperhatikan. Agar kandang tetap terjaga kebersihannya, sediakan wadah makanan yang terbuat dari bahan berat.

Dengan begitu, makanan tidak mudah tumpah dan mengotori kandang. Sediakan juga tempat minum khusus dengan sedotan untuk landak mini agar kandang tidak basah dan lembab terkena air minum.

3. Alas untuk tempat tidur landak mini

Landak mini adalah hewan yang suka dengan kondisi hangat. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan tempat yang nyaman dengan melengkapi kandangnya menggunakan serbuk kayu.

Anda juga harus tahu bahwa landak mini ini tidak terlalu menyukai cahaya di siang hari. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat ruangan khusus seperti gua kecil di dalam kandangnya untuk bersembunyi dari cahaya.

4. Menyediakan makanan

Sebelum memeliharanya, Anda harus tahu bahwa pada dasarnya landak mini adalah pemakan serangga. Selain itu Anda dapat mengkombinasikannya dengan memberikan ulat hongkong atau makanan kering yang bisa dibeli di toko. Memberikan makanan yang selang seling bertujuan agar landak mini tidak merasa bosan dengan makanannya.

5. Memberikan vitamin

Menjaga kesehatan landak mini adalah suatu kewajiban bagi pemiliknya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan asupan vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuhnya. Vitamin ini sangat mudah didapatkan di pet shop atau via online.

Harganya juga lumayan terjangkau yaitu kurang lebih Rp. 6.000. cara pemakaiannya cukup dicampurkan ke dalam air minumnya sebanyak 2 tetes saja.

6. Memberikan mainan

Landak mini biasanya dipelihara oleh beberapa orang karena kelucuannya yang senang bermain seperti hamster. Agar landak mini Anda senang dan tidak bosan di dalam kandang, tambahkan mainan roda putar seperti mainan hamster di dalam kandang. Selain itu Anda juga dapat menambahkan mainan lain yang kira-kira aman dan tidak akan membuat landak mini terluka.

7. Membersihkan kandang secara teratur

Bersihkan kandang landak mini Anda minimal 1 minggu sekali. Hal ini tentu saja agar kebersihan kandangnya terjaga dan terhindar dari penyakit. Bersihkan kandang dari kotoran, air kencing dan juga makanan yang tercecer dengan membuangnya bersama serbuk kayu. Cucilah kandang, tempat makan, tempat minum, mainan, aksesoris dan ganti serbuk kayu dengan yang baru.

8. Memandikan landak mini

Landak mini juga harus dibersihkan dengan cara dimandikan agar tidak bau. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyediakan ember atau baskom berisi air, sabun atau shampoo dan sikat gigi. Setelah itu masukkan landak ke dalam baskom atau ember dan tuangkan sabun ke badannya. Gosok perlahan dengan sikat gigi hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Ternyata cara memelihara landak mini untuk pemula tidak terlalu rumit. Yang terpenting adalah selalu mengecek makanan, minuman, kebersihan landak dan juga kandangnya. Semoga informasi ini membantu dalam merawat landak mini kesayangan Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top