Cara Bikin Murai Batu Rajin Bunyi, Dijamin Gacor!

Bagaimana cara bikin murai batu rajin bunyi? Mudah kok, yuk simak ulasannya.

Gacor atau rajin berbunyi lantang tentu menjadi keinginan setiap pemilik murai batu. Sebab untuk memenangkan kontes, burung kicau harus terus berlatih hingga akhirnya unggul. Namun nyatanya, tidak semua orang kicau mania tahu cara bikin murai batu rajin bunyi. Kalaupun berkicau tetapi tidak rapat, tegas, dan keras. Maka dari itu kali ini akan dibagikan rahasianya.

Cara Bikin Murai Batu Rajin Bunyi

Ada beberapa cara yang terbukti berhasil membuat burung murai batu rajin berkicau. Di antaranya sebagai berikut:

1. Memberi makan dan minum berkualitas

Kunci dasar murai batu rajin bunyi adalah mengoptimalkan pola makannya. Beri jenis pakan berkualitas dan paling digemari, seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Waktu terbaiknya saat pagi dan sore hari.

Supaya semakin gacor, tambahkan pula multivitamin sebanyak dua kali dalam seminggu. Sementara untuk minumnya boleh air biasa, namun harus dijaga kebersihannya.

2. Mengembunkan sebelum mandi

Sudah menjadi rutinitas para kicau mania mengembunkan murai batu setiap pagi. Biasanya burung diangin-anginkan di luar rumah selama kurang lebih 30 menit sebelum mandi.

Tujuannya supaya beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, udara pagi yang segar, apalagi kalau luar rumah banyak pepohonan akan membuat murai lebih rapat dan tegas saat berbunyi.

3. Memandikan secara rutin dan benar

Tidak hanya asupan makanan yang harus terpenuhi, kesehatannya juga perlu dijaga agar rajin berbunyi. Cara paling utama dan wajib adalah memandikan. Setelah pengembunan, semprot burung dalam keramba atau sangkarnya. Usahakan secara perlahan agar tidak menyakiti. Durasinya pun tidak perlu terlalu lama.

Memandikan burung biasanya dilakukan satu atau dua kali. Namun sebaiknya, saat sore burung juga disemprot air. Manfaatnya adalah mengatasi over birahi, menjinakkan burung yang masih giras, dan lebih gacor.

4. Menjemur setelah mandi

Cara bikin murai batu rajin bunyi selanjutnya berkaitan dengan perawatan setelah mandi. Hal ini wajib dilakukan karena burung yang kedinginan menjadi malas untuk berbunyi. Lama penjemuran sekitar satu jam. Bagi kicau mania yang memiliki burung lebih dari satu, usahakan beri jarak cukup jauh di antara mereka.

5. Membersihkan sangkar

Cara biki Murai Batu rajin bunyi satu ini sering kali kurang diperhatikan. Padahal, kebersihan sangkar berpengaruh besar untuk membuatnya lebih gacor. Selain itu, kondisi yang kotor menimbulkan berbagai penyakit berbahaya bagi burung. Maka dari itu, setiap pagi harus rutin dibersihkan, apalagi saat kotoran dan bekas makanan berceceran.

6. Melatih pemasteran suara

Memperdengarkan audio suara atau pemasteran menjadi dapat memancing murai batu rajin bunyi. Sebab burung akan terangsang untuk mengeluarkan kicauannya. Ini juga melatih agar suaranya indah dan merdu. Lama pemasteran dilakukan 15 menit pada jam antara 10 pagi sampai 4 sore.

7. Menciptakan suasana nyaman

Nyaman atau tidaknya suasana berpengaruh besar pada kondisi emosional burung kicau. Terlalu bising dan banyak gangguan bisa membuat stres hingga akhirnya malas bunyi. Maka dari itu, tempatkan sangkar pada suasana yang hening agar rajin berbunyi. Sesekali bawa ke area banyak pepohonan sebagaimana habitat aslinya.

Nah, itulah cara bikin Murai Batu rajin bunyi. Garis besarnya adalah untuk mengoptimalkan peformanya harus di servis dari berbagai aspek. Mulai dari makan, kebersihan, kenyamanan, sampai latihan. Sebab kuncinya ada pada kesehatan dan kemampuan yang dimiliki.

Sudah tak sabar untuk segera menerapkan pada si burung kicau kesayangan? Yuk, segera, semoga berhasil makin gacor, ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top