fbpx

9 Cara Memelihara Kacer Biar Cepat Gacor

Tertarik memelihara kacer? Sebaiknya ketahui cara memelihara kacer biar cepat gacor berikut ini.

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar istilah kacer? Mungkin dari sebagian orang yang tidak tahu menahu tentang kata itu akan mengernyitkan keningnya. Kacer itu jenis burung pengicau. Dia memiliki suara yang sangat nyaring. Wujudnya kecil ini berbulu hitam dan putih. Berwajah papak dan berekor panjang. Kolektor burung terbiasa melombakan unggas mungil ini.

Cara Memelihara Burung Kacer

Cuitan burung di pagi hari memang sangat enak didengarkan. Kicauannya dapat memberikan ketenangan dan keceriaan. Bagi bird lover, suara kacer ini disalurkan di ajang perlombaan.

Selain dapat hadiah bagi yang menang bisa juga membandingkan kenyaringan burung lainnya. Jadi bisa tahu dong bunyi burung apa yang favorit atau tidak. Sebelum hari kompetisi tiba tentu akan melatihnya supaya jadi pemenang.

Di bawah ini cara memelihara kacer biar cepat gacor:

1. Ketahui Jenis Kelamin

Cara mengetahui jenis kelaminnya secara mencolok dari suaranya. Kelamin jantan memiliki bunyi yang lebih merdu dan nyaring daripada betina.

Selain di lihat dari kicauannya bisa juga memperhatikan dari bentuk tubuhnya. Tubuh Kacer jantan langsing dengan bidang dada yang agak lebar dan lebih tegap.

2. Memberi Makanan

Makanan memang penting untuk sumber tenaga. Burung yang menjadi ikon Kabupaten Kulon Progo ini memakan pakan alami dan buatan. Berilah poor sebagai pakan buatan. Begitu juga dengan memberikan jangkrik, cacing hongkong, belalang, kroto, dan orong-oraong.

Asupan tersebut membuat kicauannya semakin merdu dan melengking. Siang dan sore hari merupakan waktu baik memberi makanan pada unggas kecil tersebut. Pastikan makanannya tidak ada sisa sama sekali.

3. Bersihkan Kandang

Kebersihan pangkal dari kesehatan. Ungkapan itu juga berlaku bagi binatang. Lingkungan yang kotor dapat membuat stress pada kucica kampung ini. Sebab bisa memicu munculnya bakteri dan jamur.

Sangkarnya yang bersih pun akan mendukung performa suaranya. Semakin bersih kandangnya semakin sehat pula burung kacer. So, cara memelihara kacer yang paling penting diperhatikan ialah kebersihan kandang.

4. Memandikan dan Menjemur

Cara memandikan burung tidak seperti manusia atau kucing ya. Semprotkan badannya denga sprayer. Lakukan itu pada pagi hari. Jika memungkinkan mandikan sore hari juga. Supaya lebih segar dan tenang.

Sebelum ritual pemandian, lebih baik diangin-anginkan sekitar 20 menit. Setelah mandi jemurlah si burung itu kurang lebihnya dua jam. Waktu yang tepat mulai pukul 8 sampai 10 pagi.

5. Memancing suara dengan Burung Kacer Lainnya

Burung ini termasuk tipe peniru makhluk lainnya. Supaya kicauannya lebih enak, pancing dengan kacer lainnya. Jika tidak ada manfaatkan teknologi masa kini. Rekam atau download suara burung kacer, kemudian dengarkan pada kacer yang sedang anda pelihara.

6. Tempat yang Kondusif

Cara memelihara kacer ialah berikan tempat yang kondusif. Sebab, ketenangan adalah hal yang sangat disukai satwa ini. Dia akan merasa tertekan jika berada di kebisingan.

Namun jika ingin disandingkan dengan sejenisnya, anda perlu melatihnya secara perlahan-lahan untuk diletakkan di keramaian. Pertama-tama tempatkan dulu dengan burung lainnya, jika mempunyai perkembangan yang bagus bisa menempatkan di pekarangan rumah.

7. Menjadikan Jinak

Jinak yang dimaksud di sini dengan memberi rangsangan suara. Tekniknya dengan memberi elusan di kepalanya sambil bersiul. Tidak hanya itu menyuapi makanan terhadapnya akan membuatnya berkicau.

8. Menutupi Kandangnya

Tutupi kandang dengan sebuah kain atau kerodong. Tujuannya bisa melindungi dari binatang pemangsa, seperti kucing atau tikus. Ingat ya postur tubuh kacer sangat kecil. Jadi menjadi makanan empuk bagi mereka. Di sisi lain, bisa menjaga kondisi tubuh burung ini dari kedinginan pada malam hari atau sedang hujan.

9. Meluangkan waktu istirahat

Berilah waktu rehat untuk si kacer ini. Tutupi kerodong sesudah matahari terbenam, supaya istirahatnya semakin nyenyak. Tenaganya pun akan bugar setelah tidur. Begitulah cara memelihara kacer biar cepat gacor.

Peliharaan anggota muscicapidae ini harus ada pengawasan yang super ekstra. Sebab harga burung ini sangat menguras kantong. Sekitar 50-100 juta. Tidak mau kan sampai kemalingan? Satu hal lagi, maksimalkan cara memelihara kacer biar cepat gacor dan merasakan rileks.

Leave a Reply

0
Scroll to Top