Mudah dan Cepat! 3 Cara Membuat Susu Kefir di Rumah

Siapa yang tidak mengetahui susu kefir, minuman kental terbuat dari biji kefir dan susu (boleh kambing maupun sapi) melalui proses fermentasi. Biji kefir sendiri mirip dengan yogurt yang kental dibuat dari ragi, asam laktat, dan zat polisakarida.

Dengan tekstur mirip yogurt ditambah dengan fermentasi susu, maka rasa susu ini cenderung asam di lidah Anda. Susu kefir sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti memerangi kanker, mencegah alergi dan asma, menambah kekuatan tulang, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari susu kefir, yuk coba bikin sendiri dengan menyimak cara membuat susu kefir yang benar berikut ini.

3 Cara Pembuatan Susu Fermentasi Kefir yang Benar

Ada beberapa cara membuat kefir susu sapi atau kambing yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah, antara lain:

1. Persiapkan Biji Kefir

Sebagai salah satu bahan utama, maka yang Anda lakukan adalah menyiapkan biji kefir terlebih dahulu. Biji kefir sendiri bisa Anda dapatkan di toko bahan makanan maupun di toko-toko online.

Anda tidak perlu membeli terlalu banyak biji kefir karena biji kefir lama-lama akan mengembang, layaknya adonan roti. Untuk menjaga biji kefir sebelum pembuatan susu kefir, maka Anda bisa bekukan atau keringkan saat menyimpannya. Jangan sampai terkena suhu ekstrem dan bahan kimia lain yang dapat membuat kefir mati.

2. Persiapkan Botol

Untuk melakukan proses fermentasi dalam pembuatan susu kefir, maka Anda harus mempersiapkan botol kaca terlebih dahulu. Gunakan wadah berbentuk kaca dengan ukuran kurang lebih 250 ml dengan tutup yang menembus udara. Tutup ini bisa dibuat dari saringan kopi dan lingkaran cincin tempat gelas. Sebelum menggunakannya, rebus dahulu botol Anda untuk proses sterilisasi.

3. Pembuatan

Untuk membuat susu kefir, Anda hanya perlu memasukkan dua sendok biji kefir ke dalam botol yang telah disiapkan. Kemudian masukkan susu ke dalam botol sekitar 200-230 ml, pastikan masih ada ruang dalam botol.

Kemudian tutup wadahnya, kemudian masukkan ke dalam lemari es selama 8 jam untuk proses fermentasi. Setelah fermentasi selesai Anda bisa menyaring kembali kefirnya lalu sajikan langsung dengan susu, air biasa, maupun air kelapa, sesuai dengan selera Anda.

Demikianlah beberapa cara membuat susu kefir yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan proses yang telah dijelaskan di atas, maka bisa dilihat bahwa membuat susu kefir sendiri bukanlah hal yang sulit!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online