Cara Ngombor Sapi Cepat dalam Beberapa Bulan

Daging sapi cukup banyak disukai oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Itulah mengapa banyak peternak memelihara sapi agar berkembang menjadi sapi yang gemuk namun tetap sehat.
Banyak cara ngombor sapi yang dapat Anda lakukan. Tidak hanya bergantung pada rumput yang biasa mereka makan, namun ada formula atau pakan ternak berkualitas yang dapat menambah ukuran sapi.

Langkah Ngombor Sapi

Banyak cara ngombor sapi yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah dengan memberi pakan berkualitas. Daripada membeli ransum atau formula dari pabrik, peternak sekarang ini lebih memilih untuk membuatnya sendiri, yang biasanya campuran konsentrat dengan pakan hijaua, atau limbah hasil pertanian.

Hal yang perlu diperhatikan adalah di dalam formula tersebut mengandung nutrisi yang diperlukan oleh sapi. Di antaranya protein, mineral, energi dan vitamin. Tujuannya, agar produktivitas sapi maksimal.

Melansir laman YouTube Pustaka Kementerian Pertanian, berikut cara membuat ransum atau formula pakan sapi dengan memanfaatkan limbah pertanian yang tersedia.

1. Bahan ransum atau formula

Anda dapat memanfaatkan limbah pertanian dengan takaran 12% inti sawit, 30% onggok, 13% bungkil kopra, 25% tumpi jagung, 10% kulit kopi, 8% tetes tebu, 1% kapur dan 1% garam.

Campurkan semua bahan tersebut. Anda dapat menggunakan alat mixer atau dapat dilakukan secara manual. Apabila dilakukan secara manual, mulailah dari bahan yang paling banyak jumlahnya hingga yang paling sedikit. Hal ini dilakukan agar ransum atau formula tercampur rata.

2. Proses pencampuran

Pertama, Anda dapat tuangkan onggok yang memiliki takaran paling banyak, setelah itu ditambah dengan tumpi jagung, bungkil kopra, inti sawit, dan kulit kopi. Ratakan bahan-bahan ini terlebih dahulu.

Setelah itu, campurkan tetes tebu dengan air secukupnya agar tidak begitu kental. Tuangkan sedikit demi sedikit di atas campuran ransum sebelumnya. Terakhir, taburkan kapur dan garam secara merata. Lalu aduk semua bahan tersebut agar menyatu. Setelah tercampur, masukkan ke dalam karung dan siap diberikan untuk pakan sapi.

Ransum pakan ini sebaiknya diberikan pada sapi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore selama enam bulan. Jangan lupa untuk selingi ransum atau formula ini dengan pakan hijauan.

Nah, begitu lah cara ngombor sapi dengan menggunakan pakan ransum murah. Tertarik mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online