3 Cara Membuat Pakan Ikan Gabus dengan Mudah dan Murah

Jika Anda membudidayakan ikan gabus, mungkin hal pertama yang jadi masalah adalah mengenai pakan ikan. Ikan gabus merupakan jenis ikan karnivora atau pemakan daging yang tidak mudah untuk diberikan bahan pakan tambahan seperti ikan lainnya. Untuk menambahkan bahan pakan, perlu cara khusus agar ikan gabus mau memakannya. Beruntungnya, cara membuat pakan ikan gabus cukup mudah dan tidak memakan biaya banyak.

cara membuat pakan ikan gabus star farm
farming.id

Langkah Membuat Pakan Ikan Gabus Sendiri

Meski pilihan pakan tambahan bagi ikan gabus tidak sebanyak ikan lainnya, ada beberapa pilihan bahan yang bisa diolah sendiri dan ekonomis. Berikut ini ada tiga cara membuat pakan tambahan untuk sang ikan predator.

1. Membuat pakan berbahan dasar nasi aking

Meskipun ikan gabus adalah ikan pemakan daging, namun ternyata bisa diberikan pakan berupa nasi aking. Cara membuat pakan ikan gabus berbahan dasar nasi aking adalah dengan mengeringkan nasi aking kemudian rendam dengan air panas agar melunak. Bersihkan nasi aking yang sudah melunak dan berikan kepada ikan gabus. Jika dimungkinkan, bisa ditambah dengan dedak

2. Dari bahan keong sawah atau bekicot

Pakan selanjutnya untuk ikan gabus adalah dengan bahan dasar keong sawah atau bekicot. Jika ikan gabus dibudidayakan di dekat sawah, maka pakan ini bisa menjadi alternatif dan ekonomis karena tidak perlu membeli.

Cara membuatnya mudah, yaitu hanya perlu mencincang atau menggiling daging keong atau bekicot hingga halus. Pakan ini bisa membuat ikan gabus tumbuh dengan cepat karena keong sawah dan bekicot mengandung banyak nutrisi.

3. Membuat pelet

Yang terakhir adalah dengan membuat pelet sendiri. Caranya adalah dengan memanfaatkan dedak, tepung tapioka atau tepung terigu yang sudah tidak terpakai. Untuk membuat pelet hanya perlu tambahan aroma daging atau tulang agar ikan mau memakan pelet buatan.

Itulah tiga cara paling mudah dan sederhana untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan gabus. Cara membuat ikan gabus di atas selain sangat mudah juga hemat biaya karena tidak memerlukan pengeluaran yang banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top