Untung Banyak, Inilah Inovasi Bahan Pakan Ternak dari Limbah Pertanian

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak orang berinovasi di berbagai bidang. Salah satunya yaitu di bidang persediaan pangan bagi hewan ternak. Semakin banyak bahan pakan ternak yang dijual dengan harga tinggi membuat para peternak berinovasi memanfaatkan bahan pakan ternak dari limbah pertanian. Tentu saja inovasi seperti ini disambut dengan baik oleh masyarakat luas. Selain mengurangi limbah pertanian, para peternak pun tak harus merogoh kantong yang dalam untuk memberi makan hewan ternaknya.

bahan pakan ternak dari limbah pertanian

Pemanfaatan Limbah Pertanian Untuk Bahan Pakan Ternak

Limbah pertanian dapat kita jumpai di sekitar kita. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat bahan pakan ternak dari limbah pertanian pun hanya sedikit. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan. Adapun beberapa limbah pertanian yang bisa diolah menjadi bahan pakan ternak, yaitu :

1. Jerami
Anda bisa menggunakan jerami padi untuk membuatnya sebagai bahan pakan hewan ternak. Selain jerami padi, ada beberapa jenis jerami lain yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pakan ternak. Jenisnya yaitu jerami jagung, serta jerami dari tumbuhan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kedelai.

2. Dedak Padi
Dedak padi yang digunakan sebagai bahan alternatif pakan ternak sudah dikenal secara umum. Biasanya digunakan untuk pakan unggas seperti ayam. Bahan baku yang digunakan untuk membuat pakan ternak pun tergantung pada jenis serta kualitas padi dan jenis mesin penggiling. Dedak padi sendiri merupakan bahan pakan yang bagus bagi hewan ternak karena sumber energi yang di dalamnya bagus untuk pertumbuhan hewan.

3. Ampas
Bahan alternatif lain yang bisa digunakan untuk membuat pakan ternak yaitu ampas kelapa. Biasanya, bungkil dan daging kelapa yang dibuang merupakan bahan yang bagus untuk dijadikan pakan ternak. Selain ampas kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan ampas tahu atau ampas pabrik roti.

4. Kulit Buah
Anda bisa memanfaatkan kulit dari buah-buahan untuk dijadikan bahan pakan hewan ternak. Contohnya yaitu kulit kopi dan kulit kakao. Bahan-bahan ini bagus untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Pengolahan yang benar akan membuat bahan pakan yang dihasilkan memiliki kualitas bagus. Pengolahan yang dimaksud ialah proses pembuatan bahan pakan ternak dimulai dari pemilihan bahan baku. Dalam prosesnya sendiri, Anda harus memikirkan tentang pembuatan bahan pakan yang mudah dicerna bagi hewan ternak.

5. Hasil perkebunan
Hasil perkebunan seperti kopi, tebu, dan kelapa sawit juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pakan ternak. Anda bisa memanfaatkan kulit kopi, limbah tebu, dan limbah kelapa sawit sebagai bahan baku pembuatan bahan pakan ternak. Hal ini juga mengurangi polusi yang dihasilkan oleh limbah-limbah tersebut.

Pengolahan bahan pakan ternak dari limbah pertanian dapat menghemat pengeluaran. Kini, para peternak bisa mendapatkan bahan pakan bagus tanpa merogoh kocek dalam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *