Cara Mudah dan Praktis Membuat Antiseptik Alami dari Daun Sirih

Protokol kesehatan new normal mengharuskan kita selalu sedia hand sanitizer yaitu sebagai antiseptik untuk membunuh kuman dan virus di tangan. Karena itu, informasi membuat antiseptik alami dari daun sirih berikut ini akan sangat bermanfaat.

Anda bisa mempraktekkan secara langsung karena antiseptik daun sirih sangat mudah dibuat. Selain itu, daun ini juga mudah didapatkan di lingkungan sekitar karena banyak ditanam sebagai tanaman obat.

Cara Membuat Antiseptik Alami dari Daun Sirih di Rumah

Daun sirih adalah bahan alami yang mengandung senyawa antiseptik. Sebuah riset oleh Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR di tahun 2006 menemukan bahwa kandungan antiseptik daun sirih mampu mencegah penularan virus flu burung.

Berdasarkan penelitian tersebut, rebusan daun sirih dengan komposisi lebih dari 15 persen memiliki kandungan antiseptik yang sama dengan etanol 70 persen. Kemampuannya mengurangi dan membunuh kuman tidak kalah dari kadar alkohol tersebut.

Daun sirih mengandung banyak senyawa seperti asam nikotinat, tiamin, riboflavin, minyat atsiri hingga karoren. Senyawa antiseptiknya bahkan dipercaya lebih ampuh dari pada antiseptik kimiawi.

Karena dasar itulah, sekarang ini daun sirih mulai banyak dipergunakan sebagai antiseptik pengganti hand sanitizer kemasan untuk pemakaian sendiri di rumah. Bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, mari simak cara membuat antiseptik alami dari daun sirih berikut ini.

1. Mempersiapkan Bahan

Bahan pembuatan antiseptik yang harus Anda persiapkan adalah :
• Daun sirih 50 gram
• Air 400 ml yang dibagi dalam dua panci rebusan (kecil dan besar)

2. Cara Pengolahan

Setelah mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, berikut cara membuat antiseptik alami dari daun sirih yaitu :

a. Cuci daun sirih sampai bersih
b. Keringkan sejenak kemudian iris-iris menjadi potongan yang lebih kecil
c. Didihkan 200 ml air di panci pertama yang ukurannya agak kecil
d. Setelah air mendidih, angkat panci dan masukkan potongan daun sirih
e. Rendam daun sirih sejenak dalam air panas
f. Letakkan 200 ml air di panci kedua yang berukuran lebih besar dari panci pertama
g. Masukkan panci kecil ke dalam panci besar (steaming atau seperti membuat nasi tim)
h. Didihkan rebusan daun sirih
i. Diamkan rebusan daun sirih sampai dingin

3. Cara Penyimpanan

Setelah mendinginkan rebusan daun sirih, selanjutnya adalah menyimpannya. penyimpanan rebusan daun sirih harus di dalam kulkas. Saring air rebusan untuk memisahkan daun sirihnya.

Kemudian, Anda bisa memasukkan air rebusan daun sirih ke botol semprot atau botol penyimpanan. Simpan di dalam lemari es supaya air rebusan daun sirih selalu segar. Karena daun sirih merupakan bahan alami, jika diletakkan dalam udara terbuka dikhawatirkan akan terjadi pembusukan.

4. Petunjuk Pemakaian

Pembuatan antiseptik dari daun sirih adalah salah satu alternatif yang mudah dan murah. Selain manjur dan memiliki manfaat sama dengan bahan antiseptik kimiawi, daun sirih dirasakan lebih aman untuk kulit tubuh.

Namun, beberapa orang mengalami sedikit kekeringan setelah pemakaian dalam jangka waktu yang panjang. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya batasi pemakaian rebusan daun sirih sebagai antiseptik. Ini tandanya kulit Anda cukup sensitif.

Cara membuat antiseptik alami dari daun sirih di atas sangat mudah, baik bahan ataupun prosesnya tidak sulit sama sekali. Mengingat tingginya harga hand sanitizer di pasaran, menggunakan antiseptik daun sirih nampaknya bisa dijadikan alternatif. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan bahan yang lebih alami dan biaya yang lebih murah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top