Sebagai Obat Tradisional, Ini Dia 15 Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan

Mungkin sudah banyak dari Anda yang mengetahui khasiat dan kegunaan daun pegagan itu ternyata sangat menguntungkan. Setidaknya ada 15 manfaat pegagan bagi kesehatan yang bisa dirasakan secara langsung. Daun pegagan sejatinya adalah tanaman liar yang dipercaya dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional. Daun ini mudah didapatkan karena jumlahnya yang banyak di lingkungan sekitar. Tanaman ini juga mudah sekali tumbuh dan dibudidayakan.

15 Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum membahas mengenai 15 manfaat daun pegagan bagi kesehatan, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan tanaman obat yang satu ini. Daun pegagan memiliki nama latin yaitu Centella asiatica. Tumbuhan ini termasuk dalam kategori famili parsley atau peterseli.
Ciri-ciri daun pegagan adalah :

  • Sejenis tanaman rambat dengan model daun berbentuk seperti ginjal dengan pinggiran bergerigi berwarna hijau hingga hijau kuning
  • Batangnya tumbuh merambat dan memiliki banyak sekali cabang
  • Bunga tanaman ini muncul di daerah ketiak dan memiliki warna putih atau merah muda

Daun pegagan mengandung banyak sekali bahan aktif seperti flavonoid, minyak atsiri, fitosterol dan lain sebagainya. Selain itu, tanaman rambat ini juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalium, magnesium, kalsium hingga natrium.

Melihat begitu banyaknya kandungan bahan alami dan mineral dalam daun tanaman ini, tidak heran jika mengonsumsi daun pegagan akan memberikan dampak positif. Berikut ini adalah 15 manfaat pegagan bagi kesehatan yang bisa Anda pelajari, yaitu :

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan senyawa aktif daun pegagan merangsang pertumbuhan sel baru sehingga luka luar bisa segera sembuh.

2. Mengobati Luka Bakar

Pegagan mengandung zat yang bernama triterpenoid. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan kadar antioksidan dan menguatkan jaringan kulit yang terbakar.

3. Menyamarkan Stretch Mark atau Selulit

Lagi-lagi, kandungan triterpenoid dalam pegagan akan berfungsi untuk meningkatkan kolagen sehingga kerutan selulit tidak akan terlihat lagi.

4. Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini terjadi karena kandungan kolagen dalam kulit kita berkurang drastis. Pegagan juga mengandung berbagai vitamin seperti A, C dan E yang akan meningkatkan produksi kolagen.

5. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Pegagan mengandung senyawa asam folat yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak.

6. Mengobati Penyakit Alzheimer

Selain meningkatkan kemampuan kognitif, asam folat dalam pegagan juga berfungsi untuk mengobati penyakit alzheimer.

7. Meredakan Pembengkakan dan Peradangan

Daun pegagan memiliki sifat anti inflamasi yang artinya mampu meredakan pembengkakan dan peradangan.

8. Memperlancar Sirkulasi Darah

Daun pegagan juga diteliti mampu meningkatkan dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

9. Berfungsi Sebagai Antidepresan

Mengonsumsi daun pegagan secara rutin akan membantu Anda memperoleh ketenangan karena tanaman ini memiliki sifat antidepresan.

10. Mampu Mengobati Insomnia

Dengan kepala yang tenang, Anda pasti juga akan terbebas dari kesulitan atau gangguan tidur.

11. Mengatasi Jerawat

Produksi kolagen yang meningkat ditambah kandungan vitamin dari pegagan akan membuat jerawat di wajah Anda segera hilang.

12. Meredakan Stress

Senyawa triterpenoid adalah senyawa alami yang akan membuat Anda merasa tenang dan juga meredakan stress.

13. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Daya ingat dan konsentrasi akan ditingkatkan dengan asupan asam folat tinggi dari daun pegagan.

14. Mengatasi Wasir dan Sembelit

Dengan mengonsumsi daun pegagan, Anda mendapatkan asupa serat, vitamin dan mineral untuk memperbaiki sistem pencernaan. Dengan demikian, permasalahan sembelit hingga wasir akan segera tuntas.

15. Merangsang Pertumbuhan Kuku, Sel Kulit, Rambut dan Jaringan Ikat

Daun pegagan mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan regenerasi sel mati dan menggantinya dengan yang baru.

Itulah 15 manfaat pegagan bagi kesehatan tubuh kita. Daun pegagan dapat dikonsumsi dengan cara dimasak seperti sayur bayam, sawi, kangkung dan semacamnya. Jika Anda rutin mengonsumsi daun pegagan ini, dipastikan Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti pada poin di atas.

Leave a Reply

0
Scroll to Top