Mudah dan Cepat! 4 Cara Budidaya Bekicot yang Mudah Dilakukan Sendiri

Bekicot atau siput darat memang banyak ditemukan di sawah hingga di tanah lembab. Siapa sangka jika hewan kecil yang sering diabaikan ini malah memiliki banyak manfaat yang berguna bagi manusia. Meskipun beberapa negara melarang pemeliharaan bekicot, namun nyatanya hewan ini banyak dimanfaatkan di Indonesia bahkan dikonsumsi. Mengonsumsi bekicot tentu bukan hal yang berbahaya asal tidak berlebihan, karena kaya akan protein, Vitamin B12, dan zat besi. Apabila Anda ingin memanfaatkan hewan tersebut, yuk ketahui lebih dahulu tentang cara budidaya bekicot berikut ini!

4 Cara Ternak Bekicot Yang Benar

Ada beberapa cara ternak bekicot yang mudah Anda lakukan sendiri di rumah, antara lain:

1. Siapkan Kandang

Layaknya hewan lain, bekicot juga memerlukan kandang dalam proses budidaya. Anda harus memisahkan kandang induk, kandang anak, dan kandang pembesaran. Umumnya ada tiga macam kandang, yaitu: Pertama, kandang kotak kayu yang terbuat dari lembaran tripleks dengan ukuran 1×1 meter. Gunakan kawat kasa untuk berteduh dan mencegah bekicot lari.

Kedua, kandang semen dengan alas tanah yang mengandung cacing. Ketiga, kandang galian tanah dengan ukuran sama dengan kandang kotak kayu.

2. Pembibitan

Umumnya, ada dua jenis bekicot yang biasa diternak yaitu spesies Achatina Fulica dan Achatina Variegata. Anda bisa mendapatkan bibit atau indukan unggul di kebun kelapa, semak belukar, hingga kebun pisang.

3. Pemeliharaan

Dalam memelihara bekicot, Anda bisa memberikan pangan berupa sisa sayuran, buah yang rusak, daun-daun yang lunak dan mengandung air. Untuk tambahan Anda juga sesekali bisa memberikan dedak. Selain makanan, Anda juga perlu memerhatikan perawatan kandangnya. Pastikan kandang selalu lembab dan basah, jika kering siram sedikit atau berikan alas goni basah. Setiap kandang maksimal hanya berisi 60 ekor agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

4. Panen

Bekicot akan siap dipanen ketika umurnya sudah mencapai 6-7 bulan dengan panjang cangkang 8-10 cm dan berat rata-rata 150 gram.

Demikianlah 4 cara budidaya bekicot yang bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah. Selain memberi makan, jangan lupa memindahkan anak bekicot ke kandang yang berbeda dengan induknya. Kemudian pindahkan lagi ketika sudah besar. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online