4 Cara Ternak Walet Rumahan, Cocok untuk Pemula!

Walet menjadi hewan yang banyak dicari karena manfaat sarangnya yang sangat beragam bagi kesehatan manusia. Berbagai penyakit mulai dari meningkatkan memori, mencegah penyakit jantung, kanker, meningkatkan daya tahan tubuh setelah kemoterapi, dan lain sebagainya. Dengan manfaat yang sangat beragam, tak heran walet menjadi salah satu burung dengan nilai ekonomi yang tinggi. Apablia Anda ingin memulai ternak walet, maka berikut adalah cara ternak walet rumahan yang cocok untuk pemula.

4 Cara Budidaya Walet Rumahan

Ada beberapa cara ternak walet rumahan yang bisa Anda lakukan sebagai pemula, antara lain:

1. Pembibitan

Bibit atau telur burung walet bisa Anda dapatkan di pasar-pasar burung terdekat dengan tempat tinggal Anda. Harga telur burung walet berkisar antara Rp 200-300 ribu per 30 butir telur. Sarang yang diperlukan untuk pertama kali adalah sarang yang mirip dengan sarang burung sriti. Sarang ini cenderung cocok dengan burung walet dengan biaya yang cukup terjangkau.

2. Pembuatan Rumahan

Buatlah plat-plat alumuniam pada sarang rumahan untuk tempat tinggal dan perawatan burung walet. Plat alumunium ini bisa Anda letakkan pada sudut-dudut atap rumahan, kemudian letakkan telur dan sarangnya dengan hati-hati. Oleskan kotoran burung walet di cangkang telur yang belum menetas agar walet lebih mudah beradaptasi. Usahakan rumah yang Anda gunakan untuk rumahan walet adalah gedung baru dan cenderung sepi.

3. Pemeliharaan

Untuk merangsang penetasan walet, Anda bisa memutar rekaman suara burng walet atau burung sriti setiap jam 4 hingga jam 6 sore. Saat burung sudah menetas, Anda harus telaten menyuapi dan memberi minum karena mereka tidak makan sendiri saat baru menetas. Berikan kroto setiap 3 hari sekali untuk makanan walet yang baru menetas. Ketika sudah berumur 10 hari, anakan walet bisa Anda pindahkan di kotak khusus dengan pemanas di setiap sudut. Hingga pada umur 43 hari, walet sudah bisa dilepas dan mencari makanan sendiri dalam gedung yang Anda siapkan. Mereka biasanya akan makan serangga.

4. Panen

Panen burung walet bisa dilakukan dengan memanen sarangnya maupun memanen telurnya.
Demikianlah beberapa cara ternak walet rumahan yang sangat cocok untuk pemula. Saat peliharaan walet, perhatikan pula kebersihan habitatnya secara berkala dan pastikan terhindar dari hama kecoa, cicak, maupun tikus. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top