Cara Beternak Kambing Etawa Bagi Pemula Agar Hasil Maksimal

Seperti yang kita ketahui, kambing memiliki berbagai macam jenis yang berbeda dan salah satunya adalah kambing etawa. Kambing ini mulai dilirik oleh sebagian orang yang ingin memulai usaha ternak karena keuntungannya lumayan besar. Kambing etawa tidak hanya dimanfaatkan dagingnya saja, namun juga susunya yang kaya akan protein. Tentu saja cara beternak kambing etawa ini tidak boleh sembarangan dan harus dengan perlakuan yang baik agar hasilnya maksimal.

Cara Beternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Berikut ini adalah beberapa cara beternak kambing etawa yang harus diperhatikan oleh para pemula yang masih minin pengetahuan :

1. Memilih jenis kambing

Sebelum beternak, pilih terlebih dahulu jenis kambing yang ingin diternakkan. Biasanya ada 3 jenis yang bisa dijadikan pilihan yaitu kambing Etawa Senduro, Etawa Kaligesing, Etawa Super. Ketiga kambing ini memiliki ciri fisik da nasal tempat yang berbeda pula. Kambing etawa Senduro dengan ciri seluruh bulunya berwarna putih. Kambing ini berasal dari Lumajang Jawa Timur.

Berikutnya adalah kambing etawa Kaligesing yang berasal dari Kaligesing-Purworejo. Kambing ini persilangan antara kambing asli india dan kambing lokal sehingga bulunya lebat dengan warna hitam, putih coklat, belang dan bercak.

Banyak yang menyukai jenis ini karena bisa menghasilkan susu dalam jumlah banyak, berkualitas dan dapat diikutsertakan dalam kontes. Sedangkan kambing etawa super biasanya menjadi favorit karena mudah dipelihara, bertubuh besar dan harga jualnya tinggi.

2. Memilih bibit berkualitas

Sebelum beternak, telitilah dalam memilih bibitnya sehingga mendapat yang berkualitas. Untuk Anda yang pemula dan awam, akan lebih baik bila membeli bibit di peternakan yang sudah terpercaya dan memiliki indukan super. Anda harus tahu silsilah asal kambing tersebut sehingga kualitasnya terjamin. Ciri kambing etawa jantan yang baik antara lain adalah kakinya kokoh, tidak cacat, usianya lebih dari 1,5 tahun, punggungnya lurus. Sedangkan betinanya yang baik memiliki tubuh proporsional, tanpa cacat, tumitnya cenderung tinggi, punya 2 putting yng kenyal, jinak dan kakinya lurus. Ciri umum kambing etawa yang baik adalah memiliki telinga yang panjang menjuntai kebawah, panjang dan lemas.

3. Menyiapkan kandang

Buatlah kandang yang baik dan senyaman mungkin dengan menjauhkannya dari permukiman atau keramaian. Anda lebih direkomendasikan untuk membuat kandang yang berbentuk panggung untuk menghindari kambing dari hewan buas dan tentu saja lebih mudah membersihkan kotorannya. Buat kandang yang ukurannya tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit yaitu kurang lebih 120 cm x 150 cm untuk setiap ekornya.

4. Pemberian makan

Hal yang harus Anda perhatikan dalam cara beternak kambing etawa adalah makanannya. Ada banyak variasi makanan yang dapat dijadikan pilihan agar kambing tidak merasa bosan dan nutrisinya terpenuhi. Anda dapat menggunakan pakan rumput segar, dedaunan, kacang-kacangan atau tepung ikan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pakan ekstra yang sangat baik bagi kambing yaitu dengan campuran bekatul dan konsentrat.

5. Memberi vitamin

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kambing adalah dengan memberikan vitamin agar tubuhnya tetap sehat. Namun dalam memberikannya harus dengan dosis yang tepat dan jangan terlalu banyak.

6. Jangan terlalu sering memberi makan

Cara beternak kambing etawa yang baik salah satunya adalah dengan memperhatikan pemberian makanan. Memberi makanan yang terlalu sering tersebut ternyata kurang baik karena kambing merupakan hewan pemamah biak. Jika makanan terlalu banyak yang dimakan, perut kambing akan buncit namun tidak dapat gemuk.

7. Menjaga kebersihan kandang

Jagalah kebersihan kandang dengan sebaik mungkin dengan rajin membersihkan kotoran dan bekas pakannya agar tidak menyebabkan penyakit. Jangan lupa juga untuk mengganti air minumnya pagi dan sore hari.

Nah, inilah beberapa cara beternak kambing etawa bagi Anda yang ingin melakukannya. Semoga informasi ini berguna dan membantu Anda sehingga sukses dan mendapat hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top