Proses Perawatan Sapi Wagyu Jepang, Penghasil Daging Sapi Premium

Sapi wagyu merupakan sapi Jepang dengan ras genetic pemarmeran yang tinggi. Produksi lemak tak jenuh yang dihasilkan oleh jenis sapi ini tergolong besar. Nilai jual dari daging sapi wagyu jepang ini sangat tinggi. Harga setiap 0,45 gram daging wagyu dibanderol dengan harga fantastis yakni 2.8 juta rupiah. Hal ini lantaran kualitas daging dari sapi wagyu Jepang ini berkualitas premium. Untuk menjadikan daging premium proses perawatan sapi Wagyu Jepang pun tidak mudah.

Mengenal Proses Perawatan Ternak Sapi Wagyu Jepang

Kandungan nutrisi yang terkandung pada sapi wagyu Jepang begitu tinggi. Tingginya kualitas daging pada sapi ini dikarenakan kandungan asam lemak omega3 dan omega6 juga tinggi. Untuk menjaga nutrisi yang terkandung dalam daging wagyu, diperlukan perawatan khusus dan cukup rumit. Hal inilah yang menjadikan harga daging melambung tinggi.

Adapun proses perawatan sapi Wagyu Jepang dengan kualitas super ini akan diulas secara terperinci, yaitu:

1. Lokasi peternakan

Lokasi peternakan menjadi point penting dalam proses perawatan ternak. Terkenal akan daging premiumnya, sapi wagyu jepang memiliki tempat khusus. Sapi jepang jenis ini dirawat di sebuah pedesaan yang jauh dari kebisingan dan keramaian. Hal ini dimaksudkan agar sapi tidak stress sehingga kesehatannya tidak terganggu dan menghasilkan daging berkualitas tinggi. Di Jepang sendiri lokasi peternakan ideal dari sapi wagyu berada di daerah Kumamoto, Kepulauan Kyushu.

2. Pengaturan Kandang

Kenyamanan sapi saat berada di kandang akan berpengaruh terhadap kualitas daging yang dihasilkan. Untuk menjaga kondisi kandang, suhu dalam kandang perlu diperhatikan agar sapi tidak kegerahan ataupun kedinginan. Kebersihan kandang pun perlu dijaga agar sapi wagyu Jepang tetap nyaman saat berada di kandang

3. Pakan dan minuman untuk sapi wagyu

Jika lokasi dan kandang menjadi faktor ektrenal pertumbuhan sapi wagyu Jepang. Maka pakan dan minuman menjadi faktor internal proses perawatan sapi Wagyu Jepang.

Untuk mencapai hasil daging premium, pemberian pakan dan minuman dilakukan control ketat sebelum dikonsumsi sapi. Sumber pakan juga berasal dari pakan bermutu tinggi seperti nasi, gandum, dan jerami. Untuk menambah nafsu makannya, biasanya peternak memberikan bir pada pakan.

4. Penggantian tanah kandang

Agar tanah kandang tidak tercemar oleh kotoran sapi, perlu dilakukan penggantian tanah kandang secara berkala. Pergantian tanah dilakukan setiap dua bulan sekali. Hal ini guna menjaga sirkulasi udara dalam kandang selalu terjaga. Karena udara yang dihirup akan berpengaruh terhadap kesehatan sapi wagyu.

5. Pemijatan dan perawatannya

Teknik pembiakan di Jepang memang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Seperti halnya dalam pembiakan sapi wagyu dilakukan sebuah pemijatan guna melemaskan otot-oto pada tubuh sapi.

Pemijatan sebagai proses perawatan sapi Wagyu Jepang juga berfungsi untuk mencegah kram otot karena minimnya pergerakan dari si sapi. Banyak peternakan di Jepang yang melakukan metode ini lantaran tidak cukup ruang untuk sapi wagyu bergerak.

Sapi wagyu sendiri memiliki 4 ras yaitu Kuroge Washu, Akage Washu, Mukaku Washu, dan Nihon Tankaku Wash. Proses perawatan sapi Wagyu Jepang pada 4 ras ini tidaklah jauh berbeda. Saking premiumnya, permintaan pasar daging sapi wagyu terus naik diikuti oleh harganya yang semakin mahal. Jadi apakah kamu penasaran dengan rasa daging premium sapi Wagyu Jepang yang harganya selangit?

Leave a Reply

0
Scroll to Top