Bukan Hal Mustahil, Ini Cara Menabung untuk Qurban Setiap Tahun

Idul Adha, merupakan salah satu hari besar yang diperingati oleh segenap umat Islam. Hari perayaan yang jatuh pada 10 Zulhijah tahun Hijriah tersebut tentu tak lepas dari sunnah berqurban. Berkurban pun hukumnya sunnah muakkad, atau sunnah yang sangat dianjurkan, terlebih bagi umat Islam yang mampu secara finansial. Sedangkan, bagi muslim yang belum mampu, ibadah berqurban pun tetap bisa dilakukan. Selama mereka mengetahui bagaimana cara menabung untuk berkurban. Dengan mengetahuinya, maka tak menutup kemungkinan qurban dapat dilakukan setiap tahunnya. 

Beberapa Cara Menabung yang Bisa Dilakukan untuk Berqurban

Menabung merupakan salah satu cara mudah agar keinginan untuk melaksanakan ibadah qurban dapat terwujud. Berikut kiat mudah yang bisa Anda lakukan satu per satu:

  1. Menyisihkan Uang Setiap Bulan

Langkah awal yang sekiranya cukup mudah bagi Anda yang ingin berqurban adalah menyisihkan uang. Menyisihkan uang dari penghasilan, entah itu sebagai pekerja atau pemilik usaha, harus disesuaikan kemampuan. Menyisihkan pun bukan berarti menyisakan penghasilan. Namun Anda harus menetapkan sendiri besaran uang yang disisihkan. Penetapan besaran uang yang disisihkan sebaiknya juga mempertimbangkan kisaran jumlah pendapatan dan pengeluaran dalam sebulannya. 

 

  1. Hitung Kisaran Dana yang Diperlukan

Cara kedua ini merupakan lanjutan dari penyisihan uang. Pada tahap ini Anda sebaiknya mengevaluasi kembali aliran dana yang mengalir per bulannya. Kemudian tentukan hewan qurban apa yang akan dibeli. Jika Anda ingin membeli hewan kurban seekor kambing misalnya, maka lakukan estimasi dana yang akan dikeluarkan. Estimasi harga itu juga berguna untuk menetapkan besaran uang yang disisihkan setiap bulan. 

 

  1. Membuat Tabungan Khusus

Membuat tabungan khusus menjadi salah satu cara menabung untuk berqurban. Penerapannya bisa dilakukan dengan membuka akun bank yang dikhususkan untuk menyimpan dana berqurban. Hal ini akan memudahkan Anda untuk fokus menabung. Sehingga dana khusus qurban tidak mudah tercampur dengan dana untuk kebutuhan lain. 

 

  1. Alternatif Menabung dengan Emas

Apabila Anda memiliki cukup uang, maka menabung dalam bentuk emas bisa menjadi cara lain untuk membeli hewan qurban. Menyimpan dana tabungan berupa batangan emas akan menghindari kemungkinan Anda membelanjakannya untuk keperluan lain. Tak hanya berguna sebagai wadah investasi, harga emas pun cenderung stabil. 

 

  1. Iuran Berqurban

Cara menabung lainnya yang bisa dilakukan untuk membeli hewan qurban yakni melalui iuran. Iuran itu bisa dilakukan dengan mengajak keluarga, rekan, atau tetangga. Setiap bulannya, para anggota iuran yang hendak membeli hewan kurban bisa melakukan cicilan. Jumlah cicilan itu pun sebisa mungkin disetujui oleh semua pihak anggota iuran. 

 

Kendati demikian, menabung untuk membeli hewan qurban secara kolektif ini disarankan agar dilandasi dengan aturan-aturan yang kuat. Sehingga apabila terjadi kesalahpahaman atau menemui kendala terkait iuran dana bisa dituntaskan dengan jelas. 

Itulah deretan cara menabung untuk qurban yang bisa Anda lakukan. Terlebih bagi umat Islam yang hendak membeli hewan qurban setiap tahunnya dengan penghasilan yang dimiliki. Ingat, cara-cara tersebut juga harus dilandasi dengan keinginan dan niat yang tulus sesuai dengan tujuan berqurban. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *