Hmm, Lezat! Inilah 7 Olahan Daging Sapi Terfavorit di Indonesia

Anda pecinta daging sapi? Kira-kira jenis menu olahan apa saja yang Anda suka? Di Indonesia, ada berbagai macam olahan daging yang menjadi favorit karena rasanya begitu menggugah selera. Berikut ini merupakan 7 olahan daging sapi terfavorit yang lezat sebagai inspirasi Anda. Anda bisa mengolah masakan ini baik untuk dimakan bersama keluarga ataupun untuk acara tertentu. 

  1. Rendang 

Hampir semua orang suka dengan makanan olahan daging sapi yang satu ini. Rendang merupakan olahan daging khas daerah Padang, Sumatera Barat. Saking lezatnya, rendang masuk dalam kategori masakan paling enak di dunia. 

  1. Sop Buntut 

Sop buntut adalah makanan olahan daging sapi yang segar. Bagian buntut sapi rasanya sangat enak. Jangan salah, di bagian ini juga terdapat banyak dagingnya, lho. Biasanya, sop buntut dimasak dengan tambahan potongan wortel. Menyantap sop buntut sapi yang panas dengan tambahan sambal cabe rawit benar-benar lezat. 

  1. Rawon 

Rawon adalah olahan daging sapi yang berasal dari Jawa Timur. Makanan ini memiliki kuah kental yang hitam. Warna tersebut berasal dari bahan kluwek. Untuk menikmatinya, Anda bisa menambahkan taugi, telur asin dan sambal terasi. Makanlah dengan sepiring nasi putih yang hangat. Anda juga bisa menambahkan tempe goreng ataupun perkedel kentang. 

  1. Dendeng Balado 

Salah satu olahan daging sapi terfavorit di Indonesia adalah dendeng balado. Untuk membuat makanan ini, carilah daging sapi yang tidak berlemak. Cara memasaknya ialah potong daging sapi menjadi irisan yang tipis. Kemudian, goreng sampai kering. Selanjutnya, tumis daging sapi yang telah digoreng ini dengan campuran cabai merah besar serta bumbu-bumbu lainnya. Anda bisa menyantap dendeng balado ini sebagai lauk ataupun camilan. 

  1. Aneka Sate

Tak hanya sate kambing, tapi daging sapi juga bisa dimasak jadi olahan sate. Terdapat dua jenis sate sapi yang terkenal di Indonesia, yaitu sate Padang dan Sate Kelapa khas Madura. Bumbu sate yang digunakan pada kedua jenis sate tersebut adalah bumbu kacang. 

  1. Tengkleng Sapi 

Jenis olahan daging sapi terfavorit lain ialah tengkleng sapi. Tengkleng sapi  merupakan makanan khas asal Solo. Proses pemasakannya ialah daging sapi dimasak dengan cara direbus hingga dagingnya benar-benar empuk. Kemudian dimasukkan aneka jenis bumbu yang membuat rasanya lezat. Tengkleng sapi ini memiliki kuah kental berwarna kuning. Proses pemasakan tengkleng terbilang cukup lama, hal ini dimaksukkan untuk membuat bumbu-bumbunya meresap dengan sempurna. 

  1. Tongseng

Tongseng identik dengan daging kambing. Akan tetapi, ada juga lho tongseng yang terbuat dari daging sapi. Rasanya pun tak kalah lezat. Daging sapi yang digunakan untuk membuat tongseng ialah daging yang masih melekat pada tulang seperti tulang iga dan tulang belakang. Kemudian, dicampurkan beberapa jenis sayuran seperti kol dan tomat. Rasa tongseng merupakan kombinasi dari rasa manis, asin dan gurih.

 

Dari ketujuh jenis olahan daging sapi di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Menu-menu di atas sangat cocok dinikmati bersama teman ataupun keluarga tercinta. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *