Budidaya Ternak Kelinci Pedaging, Berpeluang Bagus!

Tingginya peminat makanan berbahan dasar daging kelinci seperti sate kelinci atau krengsengan kelinci membuat peluang usaha budidaya ternak kelinci pedaging meningkat drastis. Tidak seperti hewan ternak lainnya seperti ayam pedaging atau sapi yang membutuhkan banyak biaya, ternak kelinci pedaging bahkan bisa Anda mulai dengan modal minim di lahan sempit namun tetap menghasilkan keuntungan besar.

budidaya ternak kelinci pedaging Star Farm
www.kursustristar.com

Keuntungan Usaha Ternak Kelinci Pedaging

Kelinci merupakan salah satu hewan yang dianggap menarik karena bulunya yang lembut dan tingkahnya yang lucu. Namun siapa yang menyangka bahwa daging kelinci ternyata enak dimakan dan bergizi tinggi. Beternak kelinci ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa melakukannya di pekarangan rumah atau halaman belakang rumah. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari usaha ternak kelinci pedaging.

1. Modal Minim

Yang menjadikan peluang usaha budidaya ternak kelinci pedaging cukup populer adalah karena biaya produksi awalnya cukup terjangkau. Dengan modal kurang lebih 3 juta rupiah, Anda sudah bisa memulai ternak kelinci pedaging. Berikut ini adalah rincian biaya yang dibutuhkan yaitu :

  • Biaya pembuatan kandang Rp 1.000.000
  • Biaya pengadaan bibit atau anakan kelinci pedaging 20 ekor @Rp 30.000, Rp 600.000. Anakan kelinci pedaging lebih disarankan untuk mengambil jenis jantan karena pertumbuhan massa ototnya bisa lebih besar.
  • Biaya Pakan Rp 750.000
  • Biaya Obat Rp 250.000

2. Bisa Diternakkan Di Lahan Terbatas

Kelinci tidak membutuhkan lahan luas untuk hidup. Hewan berbulu ini bahkan bisa hidup di dalam kandang saja. Namun, jika ingin kelinci lebih sehat, sebaiknya sediakan beberapa meter lahan bebas untuk tempatnya beraktifitas seperti berjalan-jalan.

3. Mudah Mendapatkan Pakan

Pakan kelinci lebih disarankan untuk menggunakan rumput atau sayur seperti kangkung, wortel, bayam atau sawi. Hindari pemberian kacang panjang, jagung, buncis dan kacang karena akan membuat perutnya sakit akibat kulit halus yang tertumpuk di usus.

4. Cepat Panen

Ternak kelinci pedaging tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 4 bulanan. Kelinci pedaging yang siap dipanen biasanya memiliki berat sekitar 5 kg. Anda bisa menjualnya lagi dengan harga sekitar Rp 70.000 – Rp 100.000.

Itulah keuntungan peluang usaha budidaya ternak kelinci pedaging yang sedang banyak diminati dewasa ini. Selain mudah dibesarkan, kelinci juga hewan yang tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan khusus. Yang terpenting adalah menjaga kesehatannya dengan berhati-hati memberikan pakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top