Jenis Pakan Belut Alternatif Supaya Cepat Besar

Budidaya belut semakin marak belakangan ini karena terkait dengan permintaan yang tinggi untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, metode budidaya yang berkembang membuat ternak belut tak lagi menjadi hal yang sulit. Sebab, kini Anda bisa saja memelihara belut di ember, drum, dan wadah lain tanpa menggunakan lumpur. Namun selain persoalan tempat berkembang biak, pakan juga menjadi faktor yang cukup penting saat Anda memelihara belut. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa contoh pakan belut alternatif supaya cepat besar, yuk simak!

pakan belut supaya cepat besar Star Farm
bulelengkab.go.id

3 Pakan Belut Alternatif Agar Cepat Besar

Pada masa ternak, belut sendiri memerlukan pakan kurang lebih 2-5 persen per hari dari bobotnya. Setidaknya ada sekitar 3 jenis pakan belut agar cepat besar dengan pemenuhan nutrisi yang baik.

1. Cacing Tanah (Cacing Lumbricus rubellus)

Cacing tanah dianggap menjadi salah satu pakan alami yang paling baik karena mengandung protein yang tinggi. Kandungan nutrisi cacing tanah yang segar memiliki protein 16,3 persen, lemak 4,5 persen, karbohidrat 17 persen. Sedangkan cacing tanah dengan keadaan yang sudah kering memiliki kandungan protein 53,5 persen.

Cara pemberiannya cukup mudah. Bersihkan cacing terlebih dahulu sebelum dijadikan pakan. Lebih baik, cacing dipotong-potong kecil menggunakan gunting agar sesuai dengan mulut belut.

2. Keong Mas atau Keong Sawah

Keong sawah atau keong mas segar memiliki kandungan gizi yang baik dengan 12 persen protein, 217 mg kalsium, kolesterol rendah, energi, air, karbohidrat, hingga posfor. Sedangkan dalam kondisi kering, keong mengandung 57,76 persen protein. Cara pemberian keong sebagai pakan belut, yakni:

  • Masukkan keong ke dalam air mendidih kurang lebih 5 menit, kemudian angkat dan dinginan.
  • Korek daging keong dari cangkangnya kemudian cincang kecil-kecil sesuai mulut belut.
  • Taburkan cincangan tersebut melalui saluran air.

3. Belatung

Jenis pakan belut supaya cepat besar yang ketiga adalah belatung. Belatung menjadi pakan yang cukup terjangkau untuk pakan belut, sehingga banyak digunakan oleh para peternak. Selain itu, belatung juga memiliki kandungan protein yang tinggi, namun Anda harus berhati-hati saat menggunakan belatung.

Demikianlah 3 pakan belut alternatif supaya cepat besar yang bisa Anda temukan dengan mudah. Sesuaikan pakan-pakan tersebut dengan kebutuhan belut, jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top