5 Langkah Budidaya Tanaman Anggur dari Bijinya, Yuk Simak!

Siapa yang tahu dengan buah anggur, Si mungil dengan warna mencolok dan rasa manis kecut yang menyegarkan. Tak hanya rasanya, anggur juga digemari karena memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, melawan kanker, mencegah penuaan dini, dan lain sebagainya. Dengan berbagai manfaat tersebut, tentu penting bagi Anda mengonsumsi anggur sebagai pencuci mulut yang sehat. Tertarik menanam anggur ? Yuk belajar budidaya tanaman anggur yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

5 Langkah Budidaya Tanaman Anggur dari Biji

Ada beberapa langkah dalam melakukan budidaya tanaman anggur dari bijinya, antara lain:

1. Pilih Biji Berkualitas

Anda dapat membeli biji-biji anggur berkualitas di toko bibit atau di petani langsung. Cara memilih kualitas biji adalah dengan cara merendamnya, biji yang bagus untuk bibit adalah biji-biji yang tenggelam. Oleh karena itu pastikan Anda tidak menggunakan biji yang mengapung.

2. Penanaman

Siapkan tanah gembur dalam pot yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Gunakan pot yang terbuat dari tanah liat agar penyerapan nutrisinya lebih baik. Kemudian sebar biji-biji yang telah dipilih dalam tanah. Setelah ditanam, biji akan mengalami pengecambahan dalam waktu 2 sampai 8 minggu.

3. Pemindahan Bibit

Tanaman Anggur biasanya akan terus meninggi seiring dengan pertambahan usianya. Saat tanaman sudah berukuran lebih dari 8 cm, maka Anda pelu memindahkannya pada pot lebih besar.

4. Perawatan

Perawatan pada tanaman perlu dilakukan untuk memenuhi nutrisi dan mendukung perkembangan tanaman anggur. Berikan pupuk sebagai sumber nutrisi secara berkala dan lakukan penyiraman rutin. Pastikan tanah selalu dalam keadaan lembab namun tidak membuat air menggenang di pot.

Jangan lupa untuk selalu memindahkan ke wadah yang lebih besar ketika tanaman anggur mulai meninggi. Lakukan juga pemangkasan dan berikan penopang di tengahnya karena tanaman ini bersifat menjalar.

5. Panen

Tanaman anggur memakan waktu cukup lama untuk berbuah, yaitu sekitar 3 sampai 4 tahun untuk dipanen. Namun setelah itu, tanaman anggur akan terus berbuah sehingga perawatan harus terus dilakukan.

Demikianlah beberapa langkah dalam budidaya tanaman anggur yang bisa dilakukan sendiri mulai dari biji. Jika panen Anda banyak, bukan hal yang mustahil menjadikan tanaman anggur Anda sebagai salah satu sumber penghasilan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online