Mudah, ini 5 Cara Merawat Tanaman Anggur dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Anggur menjadi salah satu buah yang cukup digemari dalam masyarakat karena rasanya yang nikmat dengan kandungan nutrisi yang beragam. Anggur dianggap memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga dapat mencegah kanker hingga penuaan dini. Tak hanya banyak manfaat, penanaman buah ini pun terhitung bukan hal yang menyulitkan, bahkan bisa dilakukan di pot. Meskipun bukan hal sulit, Anda tentu harus mengetahui trik yang benar. Oleh karena itu, yuk simak bagaimana cara merawat tanaman anggur dalam pot agar cepat berbuah!

5 Cara Merawat Tanaman Anggur dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa trik dan cara merawat tanaman anggur dalam pot agar cepat berbuah, antara lain:

1. Pemenuhan Nutrisi

Saat menanam anggur, perawatan menjadi salah satu elemen penting untuk memenuhi nutrisinya. Untuk memenuhi nutrisi tanaman anggur dalam pot, Anda bisa menggemburkan tanah yang dicampur dengan pupuk kompos. Dalam masa perawatan, Anda bisa memberikan pupuk kompos atau jenis pupuk lain secara berkala minimal dua minggu sekali.

2. Penyiraman

Penyiraman menjadi hal yang juga sangat diperlukan bagi tanaman anggur. Pastikan tanah dalam pot tidak sampai kering dan tetap dalam keadaan lembab, namun jangan sampai menggenang. Selain menyiram Anda juga bisa menyemprot tipis-tipis di bagian tanah dan daun tanaman.

3. Pemberian Ajir atau Rambatan

Sebagai tanaman rambat, tanaman anggur membutuhkan ajir atau media rambat yang bisa Anda sematkan di pot. Buatlah ajir dengan tinggi 1-1,5 meter menggunakan kayu atau bambu. Tancapkan sekitar 4 ajir pada setiap pot yang digunakan sebagai penyangga atau perambat tanaman agar tetap bisa berdiri tegak.

4. Pemangkasan

Pemangkasan secara berkala dapat merangsang pertubuhan bunga pada tanaman anggur yang kemudian akan lebih mempercepat munculnya buah. Ketika cabang tersier sudah berwarna kecoklatan atau sudah berumur paling tidak 3-4 bulan, maka pemangkasan bisa Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda bisa memangkas ruas yang keempat atau kelima pada cabang tersier. Setelah pemangkasan biasanya akan merangsang tumbuhnya bunga yang menghasilkan buah.

Demikianlah beberapa cara merawat tanaman anggur dalam pot agar cepat berbuah. Beberapa tips di atas harus dilakukan secara telaten dan dan konsisten. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

0
Scroll to Top