Terungkap! Inilah Alasan Kucing Makan Rumput!

Bagi para cat lovers, menyaksikan tingkah laku lucu dan menggemaskan kucing adalah hiburan tersendiri. Sering kali kelakuan para anabul (anak bulu) yang juga menjadi sosok ”majikan” kita ini ini bisa membuat tertawa, tercengang, khawatir, hingga geleng-geleng kepala. Tak terkecuali kebiasaan unik yang suka tiba-tiba makan rumput. Hal ini tentu saja membuat kita penasaran. Mengapa kucing makan rumput? Apakah aman? Dan adakah manfaatnya? Nah, daripada terus bertanya-tanya, yuk temukan jawabannya disini!

Kucing Makan Rumput
Sumber : canva.com (Cat Grass)

Mengapa Kucing Makan Rumput?

Ini adalah pertanyaan pertama yang terlintas di pikiran ketika melihat kucing makan rumput. Hal ini lumrah ditanyakan karena pada hakikatnya kucing tidak mengonsumsi makanan selain daging (ikan, ayam, dan lain-lain). Namun perlu diketahui bahwa tingkah laku anabul (anak bulu) yang suka mengonsumsi rumput sebagai makanannya adalah sikap yang alami. Menurut seorang ahli tingkah laku hewan di Universitas Pennsylvania yang dilansir dari laman PetMD, belum ada penelitian mengenai hal ini. Namun ada beberapa teori yang dapat disimpulkan setelah melihat tingkah laku kucing di alam liar. Kucing biasa mengonsumsinya setelah makan sesuatu namun merasa ada yang tidak dapat tercerna dengan baik. Sehingga rumput berfungsi untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak tercerna tersebut.

Baca juga : Aman atau Bahayakah Kucing Makan Kecoa? Ini Jawabannya!

Manfaat Rumput Bagi Kucing

Manfaat kucing makan rumput selain untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak dapat tercerna juga bermanfaat untuk mengeluarkan bola bulu. Kucing ras long hair atau yang mengalami rontok pada bulunya, biasanya akan memiliki bola bulu yang masuk dalam sistem pencernaanya. Rumput memiliki kandungan serat yang berfungsi untuk membantu memuntahkan bola rambut tersebut. Namun, ternyata rumput juga memiliki khasiat lainnya loh. Selain serat, terdapat kandungan asam folat dan vitamin yang juga bermanfaat bagi kucing. Menurut Hillspet, kedua zat ini membantu melancarkan sistem sirkulasi darah pada kucing.

Rumput Kucing
Sumber : canva.com (Cat Grass)

Rumput Seperti Apa yang Cocok Sebagai Makanan Kucing?

Ada istilah rumput kucing yang cukup populer di kalangan cat lovers. Biasanya merupakan anggota serealia seperti gandum (wheat), barley, oats, dan rye.

Bagaimana Cara Menanamnya?

Cara menanam rumput kucing sangatlah mudah, cukup sediakan pot, media tanam, dan benih. Kemudian masukkan media tanam dalam pot, dan sebar benihnya. Jangan lupa untuk selalu disiram dengan rutin, namun tidak perlu terlalu banyak air yah. Dan tunggu hingga bertunas dan tumbuh menjadi rumput yang cantik. Setelah itu, anabul kesayangan sudah bisa mengonsumsinya deh!

Mengapa disarankan untuk menanamnya sendiri? Karena untuk menghindari peliharaan kesayangan kita ini makan rumput di luar atau bahkan rumput tetangga. Belum lagi jika rumput di luar sana mengandung bahan seperti pestisida. Bisa repot kan?

Manfaat Rumput Kucing
Sumber : canva.com (Cat Grass)

Oleh karena itu, Star Farm telah menyediakan khusus Benih Rumput Kucing dengan harga terjangkau untuk Anda agar bisa ditanam sendiri di rumah. Bisa langsung cekout via shopee disini! Yuk, beli sekarang juga untuk bikin “majikan” semakin bahagia!

Leave a Reply

0
Scroll to Top