Aman atau Bahayakah Kucing Makan Kecoa? Ini Jawabannya!

Kucing adalah salah satu peliharaan yang senang bermain-main dan berburu, terutama hewan kecil seperti kecoa. Tapi bila sampai ditelan, bahayakah kucing makan kecoa? Anda pasti khawatir kalau kucing kesayangan sampai muntah dan sakit. Apalagi kecoa termasuk hewan yang hidup di daerah kotor dan mungkin saja membawa parasit, hal ini pastinya akan membuat resah. Untuk itu, simak dahulu informasi singkat di bawah ini supaya Anda tahu bahaya atau tidaknya kecoa yang dimakan oleh kucing.

Seberapa Bahayakah Kucing Makan Kecoa?

Kucing pada dasarnya adalah hewan karnivora. Insting berburunya seketika muncul saat kucing melihat kecoa sedang melintas. Meskipun ini adalah sesuatu yang lazim bagi kucing peliharaan, Anda pasti bertanya-tanya bahayakah kucing makan kecoa?

Melihat ada kecoa, kucing akan memburu dan menjadikannya mangsa. Meskipun kucing telah diberi makan sampai kenyang, ini tidak menghalangi insting kucing untuk menangkap kecoa. Tentu saja, Anda tidak bisa menghindarkan rasa penasaran kucing akan kecoa.

Kecoa memang hidup di tempat-tempat kotor seperti selokan, sampah dan semacamnya. Tidak heran jika tubuh kecoa dipenuhi bakteri, virus hingga parasit yang hidup di dalamnya. Namun, parasit kecoa bukanlah hal yang berbahaya bagi seekor kucing.

Daya tahan tubuh kucing masih mampu mengatasi bahaya parasit dari kecoa. Terlebih lagi jika rumah Anda dalam kondisi bersih dan tidak banyak sampah-sampah yang menumpuk. Kemungkinan, kecoa akan terbebas dari parasit kalaupun ada jumlahnya juga cukup langka.

Bagi Anda pemilik kucing rumahan, tidak perlu mengkhawatirkan dan bertanya bahayakah kucing makan kecoa. Pasalnya, kucing rumahan tidak terlalu tertarik untuk memakan kecoa. Mereka hanya suka bermain-main dan mengejar-ngejar kecoa sebagai insting hewaninya.

Cara Menghentikan Kucing Makan Kecoa

Biasanya kucing akan muntah ketika pertama kali ia memakan kecoa. Hal ini disebabkan oleh cangkang keras kecoa yang tak bisa dicerna. Namun, ini bukan pertanda keracunan. Anda tak perlu khawatir.

Jika ternyata kucing Anda memang memakan kecoa, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Diantaranya adalah :

1. Selalu Membersihkan Rumah

Pastikan rumah selalu dalam kondisi bersih sehingga bebas dari kecoa. Sampah yang menumpuk, perkakas rumah tangga yang tidak terpakai, dan hal-hal lain yang mengundang datangnya kecoa, harus segera dibersihkan atau dibuang.

2. Semprot Obat Serangga

Tidak hanya untuk kucing saja, kebersihan rumah dari kecoa juga untuk kesehatan seluruh anggota keluarga. Karena itu, selalu sedia obat semprot serangga. Ketika Anda melihat ada kecoa lewat, segera semprot supaya segera pergi dari rumah.

3. Berikan Mainan Kucing

Agar kucing tidak tertarik melihat kecoa, berikan ia mainan yang menarik. Hal ini untuk menghindarkan supaya kucing tidak kesepian dan bingung mencari-cari permainan. Sesekali, Anda juga bisa mengajaknya bermain di luar rumah.

Manfaat Kecoa untuk Kucing

Meskipun dinilai membahayakan, kecoa juga bisa memberikan manfaat baik untuk kucing. Diantaranya adalah :

1. Sarana Permainan

Seperti disebutkan sebelumnya, kucing hanya suka memainkan kecoa. Hewan kecil ini dianggap sebagai alat bermain yang menghilangkan kebosanan kucing.

2. Menjaga Insting

Kecoa dapat memberikan manfaat baik yaitu untuk menjaga insting hewani dari kucing Anda. Meskipun sudah jinak dan terkadang manja, kucing tetaplah karnivora yang punya insting berburu.

3. Sarana Olahraga

Biarkan saja jika Anda menemukan kucing sedang bermain-main dengan kecoa. Ini juga bisa jadi alat olahraga agar kucing banyak bergerak.

Jadi, apakah Anda masih berpikir bahayakah kucing makan kecoa? Itulah beberapa informasi mengenai kucing yang gemar bermain-main dan makan kecoa yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top