fbpx

5 Jenis Tanaman Buah yang Tumbuh dan Asli dari Indonesia

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Maka tidak heran jika beragam jenis tanaman, termasuk tanaman buah mampu tumbuh subur dengan keanekaragaman yang tinggi. Dari sekian jenis tanaman buah yang ada di dunia, Indonesia memiliki jenis buah khas yang tentunya sulit ditemukan atau didapatkan di luar negeri.

Berikut 5 jenis tanaman buah asli dari Indonesia:

1. Salak (Salacca zalacca)

freepik.com

Buah salak ialah tanaman palma berbentuk perdu yang hampir tidak memiliki batang dan berduri banyak.  Tanaman buah salak ditemukan tumbuh secara liar di alam Jawa bagian barat daya dan di daerah Sumatera bagian selatan. Asal usul salak belum diketahui secara pasti, dan mulai dibudidayakan di sebagian wilayah asia tenggara seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, hingga Queensland dan Fiji.

2. Menteng (Baccaurea racemosa)

shutterstock.com

Buah menteng merupakan buah asli yang berasal dari pulau Jawa dan Sumatera. Terdapat empat jenis buah yang mirip dengan menteng, diantaranya rambai (minang), kapundung, langsat atau lansek, serta duku. Meskipun terdapat kemiripan, tetapi masih dapat dibedakan melalui ukuran bentuk, rasa, tangkai buah serta bentuk dari tajuk pohonnya.

3. Durian (Durio)

freepik.com

Pusat keanekaragaman dari buah durian ialah di pulau Kalimantan. Akan tetapi, hal tersebut masih memerlukan rujukan lebih tepat dan pasti terkait asal usulnya. Di daerah lain seperti Sumatera, Mindano dan Semenanjung Malaya buah durian dapat ditemukan meskipun keanekaragamannya tidak sebanyak dan semelimpah di pulau Kalimantan.

Akan tetapi pengekspor utama dari buah durian ini masih dipegang oleh negara Thailand. Hal ini dikarenakan Thailand mampu mengembangkan kultivar dari buah durian dengan sistem budidaya yang baik dan bermutu tinggi.

4. Manggis (Garcinia mangostana)

manggis
freepik.com

Buah manggis adalah buah yang tumbuh di kawasan tropis dan merupakan khas dari kepulauan Sunda dan Maluku. Dalam dunia perdagangan buah manggis dikenal dengan sebutan “Ratu buah”. Hal ini dikarenakan buah manggis memiliki kandungan aktivitas antioksidan tinggi dan anti inflamasi yang lebih baik dibandingkan buah lainnya.

5. Matoa (Pometia pinnata)

cybex.pertanian.go.id

Matoa merupakan tanaman buah khas dari Papua. Populasi tanaman buah matoa tersebar hampir diseluruh wilayah papua mulai dari dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian 1200 m dpl.

Tanaman buah matoa juga dapat ditemui di beberapa wilayah seperti Sulawesi, Maluku dan Papua New Guinea.

Buah yang memiliki rasa yang manis ini dikenal dengan dua jenis, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Kedua jenis matoa ini dibedakan berdasarkan pada tekstur daging buahnya. Matoa papeda dicirikan dengan daging buah yang lembek dan lengket, sedangkan matoa kelapa dicirikan  dengan daging buah yang kenyal.

Leave a Reply

0
Scroll to Top