7 Tanaman Hias Daun Outdoor Yang Direkomendasikan Untuk Anda

Memelihara tanaman hias daun outdoor adalah salah satu hal yang menyenangkan karena dapat membuat tampilan rumah lebih segar dan asri. Rimbunnya dedaunan pasti akan semakin menyejukkan dan membuat pikiran lebih rileks.

Ada banyak sekali tanaman outdoor yang bisa dijadikan pilihan mulai dari ukuran yang besar hingga yang kecil. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan space yang tersedia sehingga bisa selaras dan tidak membuat halaman terlihat sempit.

Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor

Ada banyak sekali tanaman hias daun outdoor yang dapat Anda pilih dengan berbagai warna, ukuran dan tingkat kerumitan perawatan. Beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Palem

Pohon palem bisa dijadikan salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan tanaman hias daun outdoor. Tanaman ini cocok untuk ditanam di daerah Indonesia karena tahan panas dan cukup mudah dirawat.

Dengan penyiraman yang cukup dan terkena sinar matahari, pohon palem akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak hanya itu saja, pohon palem juga memberikan banyak keuntungan untuk membersihkan udara di sekitar rumah.

2. Canna Indica

Tanaman ini memiliki daun yang lebar dengan guratan berwarna kuning dan hijau yang halus. Daunnya bila diamati hampir mirip dengan daun pisang namun ukurannya lebih kecil. Tanaman ini juga memiliki bunga yang berwarna kuning, merah, orange yang cukup mencolok. Canna cocok ditanam di daerah tropis karena tahan dengan panas.

3. Cemara

Tanaman hias daun outdoor yang bisa membuat rumah Anda menjadi teduh dan nyaman adalah pohon cemara. Selain itu bentuk pohonnya yang khas dapat membuat halaman rumah terlihat asri. Namun jenis tanaman ini hanya cocok ditanam di halaman rumah yang cukup besar karena pohonnya dapat mencapai ketinggian 6 meter dan besar.

4. Bonsai

Tanaman bonsai juga cocok dijadikan pemanis rumah Anda. Biasanya para kolektor bonsai memiliki banyak bonsai yang berjajar di halaman dengan berbagai bentuk dan jenis. Keunikan setiap tanaman bonsai juga berbeda-beda sehingga Anda dapat membelinya sesuai dengan selera. Biasanya semakin unik bentuknya, harganya akan semakin mahal.

5. Puring

Tanaman puring ini dapat dijadikan pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan tanaman hias outdoor yang low budget. Ada banyak sekali jenis puring dengan berbagai macam warna dan bentuk daun. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera dan warnanya yang beraneka macam juga dapat menambah semaraknya halaman rumah.

6. Pohon Kamboja

Pohon kamboja cocok digunakan sebagai tanaman hias outdoor. Jika Anda ingin yang lebih manis, Anda dapat memilih kamboja jepang atau yang lebih dikenal dengan adenium.

Tanaman ini biasanya banyak dibuat menjadi bonsai sehingga berukuran mini namun memiliki daun yang rimbun dan bunga yang banyak. Agar cabangnya semakinbanyak, Anda dapat memangkas batangnya saat sudah semakin tinggi sehingga akan muncul cabang yang baru.

7. Bayam Merah

Untuk membuat rumah Anda semarak dengan berbagai warna, Anda dapat menambahkan bayam merah sebagai tanaman outdoor. Tanaman ini sangat mirip dengan bayam namun memiliki daun berwarna merah.

Bayam merah dikenal juga sebagai salah satu tanaman herbal untuk menyembuhkan penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan antara lain adalah diare, malaria, diabetes dan lain sebagainya.

Nah, Anda tinggal menyesuaikan saja tanaman hias daun outdoor yang disukai dengan luasnya halaman yang dimiliki. Jangan sampai Anda memaksakan diri menanam pohon yang berukuran besar di halaman yang sempit sehingga membuat rumah seperti kehilangan banyak ruang.

Semoga beberapa tanaman yang telah disebutkan diatas dapat menjadi referensi dan mempermudah Anda dalam menentukan pilihan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top