fbpx

5 Bumbu Dapur yang Mudah di Tanam di Rumah

Jika kamu bingung ingin menanam apa dirumah, bumbu-bumbu dapur bisa menjadi pilihan. Selain bisa bermanfaat untuk keperluan dapur, tanaman bumbu dapur juga bisa sekaligus untuk mempercantik rumah. sangat banyak sekali bumbu dapur yang dapat di tanam di rumah. yuk lihat bumbu apa saja yang paling banyak digunakan di dapur dan bisa di tanam di rumah.

1. Cabai

image via riaulink.com

Bumbu satu ini tidak pernah absen berada di dapur. kegunaan dari cabai sangat banyak, yang pastinya untuk membuat masakan yang berasa pedas. Masakan-masakan tersebut seperti sambal, bumbu balado, ataupun tumis-tumisan. Karena ukuran pohon yang tidak terlalu besar, cabai bisa ditanam dihalaman rumah.

penanaman cabai ini bisa menggunakan pot ataupun polibek. ada beberapa jenis canbai yang populer seperti cabai rawit, merah, hijau ataupun cabai setan. Nah sesuaikan dengan selara ya ingin menanam cabai yang mana.

2. Tomat

image via merdeka.com

Jika ingin membuat sambal, komponen penting selain cabai adalah tomat. Selain untuk membuat sambal tomat juga bisa digunakan untuk masakan lain seperti tumis-tumisan, sayur ataupun untuk dimakan langsung. Sama halnya seperti cabai, tomat juga bisa di tanam di dalam pot atau polibek .

tomat yang merupakan jenis sayur dan buah ini juga banyak sekali manfaatnya selain untuk dijadikan masakan. Salah satunya adalah untuk membuat masker. Wah banyak ya kegunaanya, multifungsi sekali untuk ditanam dirumah. jadi jangan lewatkan untuk menanam tanaman bumbu dapur ini ya.

3. Daun bawang

daun bawang ditanam pada pot sedang.
image via mitalom.com

Daun bawang merupakan bumbu dapur yang berguna untuk penyedap masakan. selain itu, daun dapur sangat mudah didapatkan di pasaran. Akan tetapi dari pada membeli, menanam sendiri dirumah jauh lebih menguntungkan dan mudah.

Penanaman daun bawang sangat mudah sekali dibanding menanam tanaman yang lain. hanya dengan menanam satu helai daun bawang dan di siram setiap hari. Setelah semakin tumbuh, daun bawang akan menghasilkan daun yang lebih banyak. Nah, setelah tumbuh bisa langsung di panen setiap saat.

4. Seledri

Selain daun bawang seledri juga bisa digunakan untuk penyedap dan pengharum masakan. meskipun tidak semudah daun bawang dalam hal penanaman, namun menanam seledri tidak juga sulit. Mempunyai aroma yang khas, dan memiliki warna hijau yang adem menjadikan seledri ini bisa sekaligus mepercantik rumah.

5. Jahe

image via medium.com

biasanya jahe digunakan sebagai bumbu, tetapi selain dijadikan masakan banyak juga yang bembuat minuman dengan bahan dasar jahe. Mempunyai rasa pedas karena senyawa keton yang bernama Zingeron menjadikan jahe dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Jahe berbentuk ruas seperti jemari yang berada didalam tanah. manfaat yang dimiliki juga berlimpah, karena itu penting untuk ditanam di rumah.

Jangan sampai terlewatkan menanam tanaman-tanaman bumbu di atas, karena tentunya sangat bermanfaat. selain umumnya digunakan untuk bumbu dapur, tanaman -tanaman tersebut juga bisa berfungsi untuk obat-obatang yang biasanya diracik secara tradisonal. Wah dengan menanam tanaman tersebut , tidak hanya untuk  memasak tetapi juga bisa sekaligus untuk mengobati penyakit.

Leave a Reply

0
Scroll to Top