Inilah! Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Yang Kini Sedang Nyentrikkk

Ikan cupang sebenarnya sudah ada sejak dulu ada. Akhir-akhir ini banyak sekali yang berbincang bahkan budidaya jenis ikan hias yang satu ini, sebab ikan hias yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang sangat indah. Jika ingin membudidayakannya pun terbilang sangat mudah dan praktis.

Jenis-jenis Ikan Cupang

1. Half Moon

image via pinterest.com

Dinamakan Half Moon karena memiliki bentuk sirip yang menyerupai bulan setengah lingkaran dengan kemiringan 180 derajat. Merupakan salah satu jenis cupang hias yang banyak digemari oleh masyarakat.

Jenis ini mempunyai ciri khas warna yang sangat mencolok serta bersinar jika tampak dalam tempat yang gelap. Selain memiliki bentuk ekor yang lebat serta eksotis, jadi tidak salah jika banyak yang jatuh cinta kepada jenis yang satu ini.

2. Crown Tail

Jenis Ikan Cupang Hias Yang Menyegarkan Mata - Garuda Muda
image via mesin peletikanapung.com

Crown Tail atau disingkat CT sebutan bagi para fanatik nya mempunyai bentuk ekor yang unik. Bentuknya seperti cukuran rambut mohawk cukup lebat tetapi memiliki bentuk ujung ekor yang runcing. Jenis ini mulai populer sekitar tahun 1997 didaerah Jakarta dan merupakan salah satu hasil persilangan.

3. Double Tail

image via bukalapak.com

Diberi nama Double Tail karena memiliki bentuk ekor yang ganda atau lebih dari satu. Jenis ini cenderung memiliki sirip yang pendek dan badan yang aga membulat serta pendek.

4. Layers

Wallpaper Gambar Foto Ikan Cupang HD - Hewanpedia
image via wallpaper.com

Slayer adalah salah satu ikan cupang hasil perkawinan silang. Memiliki bentuk sirip dan ekor yang sampai hampir menutupi seluruh tubuhnya. Cupang ini banyak dikarunai warna yang cenderung mencolok dan terang.

5. Spade Tail
Jenis Jenis Ikan Cupang : Cupang Alam Cupang Aduan dan Cupang Hias  (spesies, bentuk ekor dan warna)
image via ikanhias-id.blogspot.com

Ikan cupang Spade Tail salah satu jenis yang paling langka dari jenis-jenis lainnya. Memiliki ciri khas bentuk ekor yang melancip. .

6. Veil Tail

Harga Ikan Cupang Veiltail Lengkap dengan Jenisnya | Harga Jual Cupang
image via penjualcupang.com

Ikan cupang ini terbilang umum dikalangan masyarakat karena banyak sekali yang membudidayakannya. Mempunyai ekor sirip yang menjulang terbelah menjadi dua dan warna yang relatif elegan.

7. Dumbo

60+ ide Hm Dumbo ear | ikan cupang, ikan, hewan
image via bukalapak.com

Ikan cupang Dumbo memiliki sirip tubuh yang menyerupai kipas. Jenis ini memiliki sirip yang paling besar bahkan lebih besar 5 kali dari jenis lainnya.

8. Half Sun

Jenis, Nama, Bentuk Ekor Cupang - AquaAma
image via aquaama.my.id

Ikan cupang jenis ini memiliki ciri khas bentuk sirip ekor yang menyerupai matahari terbit. Jenis ini hasil dari kawin persilangan antara Crown Tail dan Half Sun. Jadi tidak heran jika bentuk fisiknya hampir sama dengan Crown Tail maupun Half Sun.

Nah itulah contoh-contoh 9 jenis ikan cupang, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang macam jenis ikan cupang. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top