fbpx

Wajib Kalian Ketahui! Berikut Adalah Hewan Penghasil Susu Bermanfaat

1. Sapi

Susu merupakan minuman sumber nutrisi yang banyak digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang menyegarkan serta mempunyai banyak manfaat. Susu sapi salah satu jenis yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Karena terkenal dengan rasanya yang enak serta mempunyai beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bisa dikonsumsi dengan cara secara langsung murni atau pun dengan cara diolah. Tentu saja kandungan nutrisi susu sapi murni dengan yang sudah melalui tahap pengolahan contohnya seperti melalui tahap UHT akan jelas berbeda.

Hasil gambar untuk susu sapi hd
image via trendpurwokerto.com

Dalam kandungan susu sapi murni mengandung nutrisi yang banyak sekali terdiri dari kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, vitamin B12, dan vitamin A. Selain memiliki kandungan nutrisi di dalamnya juga mengandung protein seperti karbohidrat, niacin, kalori, asam amino, zinc, potasium, asam linoleat, kolin, dan riboflavin,

Dari kandungan tersebut jelas susu sapi sangat mempunyai banyak manfaat bagi tubuh seperti. Menurunkan resiko terkena penyakit kanker, mencegah terkena radang sendi, mencegah gigi berlubang, mencegah penyakit diabetes, menetralisir racun dalam tubuh, menyehatkan jantung, membantu pertumbuhan pembentukan tulang, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

2. Kambing
Hasil gambar untuk susu kambing hd
image via saran.id

Selain susu sapi susu kambing juga ternyata mempunyai banyak manfaat, namun susu kambing lebih terkenal dengan manfaatnya di bidang pengobatan/pemulihan. Berbeda dengan susu sapi yang banyak dimanfaatkan/konsumsi dalam situasi apapun. Jenis susu kambing etawa salah satu yang sudah terkenal di masyarakat dengan banyak kandungan di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh manusia.

Dipercaya memiliki manfaat seperti meningkatkan kecerdasan anak, mencegah serta mengatasi stres, memperlancar asi ibu, mencegah penyakit paru-paru, menjaga kesehatan lambung. Mencegah penyakit diabetes, bisa digunakan bahan kecantikan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung dalam susu kambing.

3. Kuda
Hasil gambar untuk susu kuda hd
image via harmonionline.com

Susu kuda dipercaya dapat meningkatkan keperkasaan seorang pria dalam urusan soal percintaan. Pada tahun-tahun sebelumnya minum susu kuda liar menjadi tren di beberapa kalangan karena dipercaya punya banyak manfaat tidak kalah dengan susu lainnya seperti susu sapi. Kuda Sumbawa salah satu penghasil susu kuda terbaik yang ada di Indonesia. Karena di Sumbawa banyak terdapat kuda liar yang mempunyai kualitas baik.

Susu kuda biasanya dikonsumsi secara langsung tidak melalui proses pengolahan apapun. Selain konon yang katanya rasanya yang segar jika diminum langsung agar nutrisi kandungan di dalamnya tidak berkurang satu pun. Susu kuda liar dipercaya memiliki manfaat seperti meningkatkan stamina, menjaga imunitas, melancarkan saluran pencernaan, mengencangkan kulit, menjaga kesehatan jantung dan lain-lain.

4. Kerbau
Hasil gambar untuk susu kerbau
image via bisnistempo.co

Susu kerbau terkenal mengandung rendah lemak yang sangat bagus bagi kesehatan jantung. Protein tinggi di dalamnya bagus untuk pertumbuhan anak. Kandungan kalsium yang tinggi dapat mencegah penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Kaya akan mineral yang dapat menjaga kesehatan gigi kita. Ditambah memiliki kandungan kolesterol yang rendah sehingga aman untuk di konsumsi jangka panjang.

5. Unta
Hasil gambar untuk susu unta
image via tandaseru.id

Susu unta mungkin salah satu susu yang jarang di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, mungkin karena faktor populasi unta yang sedikit dan distribusi susunya yang masih terbatas. Susu unta dipercaya memiliki kandungan lemak jenuh dan kalori yang lebih rendah dibandingan dengan susu sapi.

Dalam segelas susu unta memiliki kandungan 110 kalori dan 4.5 gram lemak, serta memiliki kandungan vitamin B3, zat besi yang lebih tinggi. Dipercaya dapat meningkatkan sel darah merah mencegah penyakit anemia, menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mengatasi penyakit diabetes, mempunyai kandungan hewani yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan protein yang baik dapat meningkatkan stamina serta tingkat kekebalan tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Nah itulah hewan yang menghasilkan susu terbaik, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang hewan yang menghasilkan susu terbaik. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top