fbpx

7 Jenis Udang Hias Air Tawar Cocok Untuk Aquascape

Memelihara udang hias air tawar di Aquascape adalah pilihan menarik untuk dicoba. Jenis udang hias air tawar sangat banyak. Mereka juga terlihat indah dan mempesona dengan warna-warna yang melekat padanya. Udang hias akan melengkapi aquascape Anda dengan tubuh cantiknya yang menarik perhatian mata.

Ketika Anda akan memelihara udang hias di Aquascape, penting untuk memperhatikan biota lain yang akan dicampurkan. Jika akan mencampurkan ikan hias di dalamnya, pilihlah ikan hias yang bukan merupakan predator. Jadi, udang hias Anda akan aman dan tidak akan habis dimakan ikan.

Jenis Udang Hias Air Tawar

Terdapat beragam jenis udang hias air tawar yang bisa Anda pilih untuk melengkapi aquarium. Berikut 7 udang hias yang biasa dipilih pecinta aquascape.

1. Neocaridina Davidi

Udang yang biasa disebut dengan red cherry shrimp ini merupakan udang asli Taiwan. Sama seperti namanya, udang ini memiliki warna tubuh seperti Cherry alias merah. Ukurannya pun sangat kecil hanya berkisar antara 2-3 cm saja.

Udang ini menjadi udang yang sangat populer di kalangan pecinta Aquascape. Harganya relatif murah dan indukannya tidak kanibal terhadap anak-anaknya. Udang Red Cherry juga memakan lumut dan alga sehingga aquarium menjadi bersih.

2. Blue Pearl Shrimp

Jenis udang hias air tawar Blue Pearl Shrimmp ini memiliki warna biru muda bak mutiara. Warnanya memang sangat cantik dan indah.

Warna biru muda cantik yang ada pada udang ini muncul ketika ia dibesarkan di Jerman. Anda yang memiliki Aquascape dengan tema terang sangat cocok untuk menampilkan udang jenis ini. Harganya cukup murah kurang lebih 10 ribu per ekornya.

3. Yellow Fire Shrimp

Warna Yellow Fire Shrimp adalah kuning seperti namanya. Warnanya kuning transparan sehingga ia terlihat lebih cantik dan anggun.

Untuk menyeting aquascape agar bisa berpadu indah dengan udang Yellow Fire Shrimp, Anda bisa mengkombinasikan tanaman hijau dengan subtrat hitam. Harga satu ekor udang ini juga cukup merah hanya 10 ribu.

4. Red Bee Shrimp

Jenis udang hias air tawar satu ini tidak kalah cantik dengan Red Cherry dan Blue Pearl. Warnanya bisa dikatakan Indonesia Banget. Tubuhnya berwarna merah dan putih. Ini sama seperti bendera kebangsaan Republik Indonesia bukan?

Red Bee Shrimp sangat cocok dipelihara di Aquascape dengan tanaman hijau dan air yang super jernih. Harga udang ini juga sama dengan udang air tawar lainnya. Anda bisa membelinya dengan membayar 10 ribu per ekor.

5. Cardinal Shrimp

Anda tidak perlu repot-repot mencari udang hias dari luar negeri jika di tanah air saja sudah melimpah. Terdapat udang Cardinal Shrimp yang berasal dari Pulau Sulawesi. Udang ini memiliki warna kemerahan dengan kombinasi bintik-bintik putih yang menutupi seluruh bagian tubuhnya. Cardinal Shrimp sangat cocok diletakkan di aquarium hijau dengan kombinasi batu karang.

6. Red Nose Shrimp

Dari kelima udang hias di atas, Red Nose Shrimp bisa dibilang sebagai udang paling unik. Udang ini memiliki bentuk hidung panjang dan berwarna merah. Udang hias satu ini memang bukan berasal dari tanah air, namun berasal dari Negara India. Garis-garis merah menyala di tubuhnya yang transparan membuat udang Red Nose Shrimp terlihat anggun.

7. Green Jade Shrimp

Sesuai dengan namanya, warna udang jenis ini ialah hijau batu giok. Jika diletakkan di dalam akuarium, warnanya akan terlihat tersamarkan. Untuk pemeliharaan jenis ini tidaklah sulit. Dengan begitu, siapa saja bisa memelihara termasuk pemula sekali pun.

Udang ini mudah berkembang biak dan tidak mudah mati. Cocok hidup di air dengan pH 6,8 sampai 7,5. Suhu air antara 23 hingga 28 derajat celcius.

Beberapa jenis udang hias di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengisi aquascape dengan udang-udang lucu. Ingat, kombinasikan dengan ikan yang bukan predator agar mereka bisa hidup berdampingan dengan damai. Pilihlah jenis udang hias air tawar sesuai dengan budget Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top