fbpx

Tomat, Buah atau Sayur? Simak Jenis-jenis, Cara Menanam, dan kandungan didalamnya

Dilihat dari fungsinya di masyarakat, tomat lebih banyak dikenal dan digunakan sebagai sayuran. Tomat bisa ditemui di beberapa masakan seperti sayur kuah, tumis-tumisan ataupun sambal. Akan tetapi tomat juga bisa dikonsumsi secara langsung dan dibuat menjadi jus. Dari bentuknya, tomat memang mencerminkan sebagai buah. Hal ini lah yang menyebabkan perselisihan mengenai posisi tomat sebagai buah atau sayur.

image via sajiansedap.grid.id

Hampir diseluruh Indonesia, buah atau sayur yang satu ini dikenal dengan nama Tomat. Tomat bersal dari Amerika selatan yang memiliki nama latin Solanum lycopersium. Bentuk dari buah ini yaitu bulat, tetapi ada beberapa jenis yang berbentuk lonjong.

Ketika masih muda warna tomat biasanya hijau, akan tetapi seiring berjalannya waktu warna tomat akan menyesuaikan dengan tingkat kematangnya. Seperti dari hijau, kekuning-kuningan, orange, lalu merah. ada beberapa jenis tomat yang memiliki warna berbeda, namun warna merah dan hijau telah menjadi keumuman warna tomat.

Bentuk dan Warna

Banyak beragam jenis, bentuk dan warna dari tomat. Diantaranya yaitu tomat anggur yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna merah, tomat ceri memiliki bentuk bulat kecil dan berwarna berah,tomat hijau yang bulat dan berwarna hijau, atau tomat kumato yang memiliki warna cokelat kemerahan.

image via id.lovepik.com

Penanaman

Tomat biasanya ditaman dengan biji yang telah disemaikan. Karena ukuran dari pohon tomat tidak besar, tomat bisa ditanam di dalam pot atau polybag. Sehingga bisa disimpan dihalam rumah. perawatan tomat juga tidak sulit, cukup di siram sebanyak dua hari satu kali pohon ini akan tumbuh dengan subur.

Pohon tomat akan berbuah pada waktu kurang dari 100 hari. Akan tetapi pohon tomat tidak bisa bertahan lama, semakin bertambahnya waktu lama kelamaan pohon tomat akan mati.

image via pertanianku.com

Kandungan

Kandungan yang ada pada tomat sangat beragam, seperti vitamin a, vitamin c, vitamin k, dan kalium. Tomat memiliki 95% air didalamnya, dan juga memiliki antioksidan guna menghadang radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam tomat cukup banyak sehingga bisa memenuhi 28% kebutuhan harian.

Karena memiliki kandungan vitamin A, tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk melembabkan mata, bahkan Vitamin A dalam tomat bisa mencegah gangguan penurunan penglihatan menurut dr. Dini Dharmawidiarini.

Menjadi buah ataupun sayur tomat tetap kaya akan manfaat. Mari kita perbanyak konsumsi tomat agar mata tetap sehat. Selain itu mari kita tanam juga dihalaman rumah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top
Scroll to Top