fbpx

5 Tips Sederhana Cara Menanam Tanaman Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam terkenal sebagai bunga yang memiliki aroma wangi. Manfaatnya pun beragam, mulai dari menghilangkan bau badan, meredakan stres, mengurangi peradangan, melancarkan sirkulasi darah, kesehatan kulit, hingga meningkatkan libido. Dengan beragam manfaatnya itu, budidaya tanaman bunga sedap malam memberikan banyak keuntungan.

Lewat proses budidaya tanaman bunga sedap malam, Anda punya kebebasan dalam memperoleh manfaatnya. Apalagi, proses penanaman bunga yang berasal dari Meksiko ini relatif mudah. Ada 5 tips sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk proses penanamannya, yaitu:

tanaman bunga sedap malam-2

1. Pemilihan Bibit Tanaman Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam merupakan tanaman yang berkembang biak dengan umbi. Anda bisa memperoleh umbi berkualitas dari tanaman yang sudah tua, berusia sekitar 1,5 tahun atau yang sering berbunga. Pastikan bahwa umbi itu tidak lecet dan mempunyai ukuran antara 1 sampai 2 cm.

2. Penanaman

Kalau umbi sudah siap, jangan langsung melakukan penanaman. Anda perlu mengeringkannya terlebih dulu selama 3 sampai 4 minggu. Selanjutnya, simpan kurang lebih 1 bulan. Setelah lewat 1 bulan, lakukan penanaman di media tanam yang merupakan campuran antara tanah, arang sekam, dan pupuk. Pencampurannya dilakukan dengan rasio 1:1:1.

Anda bisa menempatkan campuran media tanam pada polybag atau pot. Masukkan bibit ke dalam polybag dan tutupi dengan campuran tanah yang sudah dipersiapkan. Sirami tanah dengan air secukupnya dan tempatkan di area yang memperoleh pancaran sinar matahari mencukupi.

3. Cara Perawatan Tanaman Bunga Sedap Malam

Perawatan menjadi langkah penting yang tak boleh Anda lewatkan. Proses perawatannya cukup sederhana. Anda hanya perlu melakukan penyiraman 2 kali sehari, dilakukan pada pagi dan sore. Kalau tanaman bunga sedap malam sudah tumbuh agak besar, intensitas penyiraman bisa dikurangi cukup satu kali sehari.

4. Pemupukan

Biar tanaman tumbuh dengan subur, Anda perlu memberi pupuk dengan tepat. Proses pemupukan dapat dilakukan saat tanaman berusia 6 bulan. Anda bisa menggunakan campuran pupuk buatan. Sebagai contoh, pupuk urea dengan pupuk TSP dengan rasio 1:1.

5. Pemberantasan Hama

Hal yang tak kalah penting, pastikan bahwa tanaman terhindar dari berbagai jenis hama. Hama yang kerap menyerang tanaman ini adalah belalang dan ulat. Selain itu, ada pula risiko umbi busuk dan daun layu. Oleh karena itu, lakukan penyemprotan fungisida dan insektisida secara berkala.

Kalau semua tahapan itu Anda lakukan dengan benar, Anda bisa melakukan pemanenan saat berusia 7 sampai 8 bulan. Proses pemanenan dapat terus Anda lakukan sampai tanaman menginjak usia 2 tahun. Untuk setiap tanaman, Anda berkesempatan untuk memanen antara 3 sampai 5 tangkai bunga.

Nah, itulah 5 tips sederhana yang bisa Anda praktikkan kalau ingin menanam tanaman bunga sedap malam. Anda bisa mencoba tips ini untuk sekadar mempercantik taman di rumah atau memanfaatkannya sebagai salah satu peluang bisnis. Semoga bermanfaat, ya.

(Baihaki/Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top
Scroll to Top