fbpx

Lintah Si Penghisap Darah Pemberi Manfaat

Siapa yang tidak tau hewan penghisap darah ini? Semua pasti sudah sering mendengar tentangnya. Hewan melata yang bisa menghisap darah manusia. Tak disangka hewan sepertinya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Pasti sudah banyak yang tau juga, bahwa sejak ratusan tahun lalu lintah menjadi alternatif untuk mengobati . Tapi, tak semua lintah bisa menjadi alternatif pengobatan. Hanya spesies tertentu, yaitu lintah hirudo. Lintah yang memang tinggal dan dikembangkan di tempat yang khusus.

image via images.app.goo

Kandungan Air Liur Lintah

Ternyata inilah alasan lintah efektif dijadikan metode pengobatan. Air liurnya memiliki zat-zat yang telah teruji dan dipercaya bisa membantu menjaga kesehataan tubuh manusia. Berikut ini zat-zat yang terkandung dalam air liur lintah.

1. Kolagen

Ternyata kolagen yang biasanya terdapat dalam produk kecantikan, terdapat juga dalam air liur lintah. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk mencegah penuan dini sekaligus mencegah munculnya kerutan.

2. Enzim Calin

Dalam tubuh manusia, enzim ini terdapat dalam darah yang bisa mengambat pembekuan darah. Enzim ini juga berfungsi untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi.

3. Histamine

Zat histamine dalam air liur lintah, berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah untuk meningkatkan volume darah yang dihisap di area tersebut dan menyalurkan zat hirudin.

4. Hirudin

Zat hirudin mengandung 65 asam amino yang biasa digunakan untuk operasi saraf-saraf kecil. Fungsi zat ini untuk mengurangi tersumbatnya aliran darah dan menghambat pembekuan darah.

5. Carboxypeptidase A Inhibitor

Pada area gigitan lintah, zat ini akan memperlancar aliran darah. Zat ini juga membantu menghambat pengentalan darah di sekitar bagian tubuh yang digigit ketika terapi lintah dilakukan.

Manfaat Lintah Untuk Kesehatan

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Enzim calin yang terdapat dalam air liur lintah berfungsi untuk menyembuhkan luka. Oleh karena itu, manfaat lintah yang pertama adalah mampu mempercepat penyembuhan luka.

2. Mencegah Penuan Dini

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air liur lintah mengandung kolagen. Kolagen yang berfungsi mencegah penuan dini dan kerutan pada kulit wajah. Oleh karena itu, lintah ini sering digunakan di berbagai klinik kecantikan.

3. Mengatasi Hipertensi

Zat hirudin yang terdapat dalam air liur linta, mampu memperlancar aliran darah. Oleh karena itu, manfaat air liur lintah yang ketiga ini mampu mengatasi hipertensi.

4. Mengobati Diabetes

Dalam air liur lintah terdapat zat Carboxypeptidase A Inhibitor. Zat tersebut mampu memperlancar aliran darah. Jadi terapi lintah ini efektif untuk mengbati penderita diabetes.

Ternyata, makhluk melata seperti lintah memiliki banyak sekali zat yang bisa membantu menjaga kesehatan manusia. Oleh karena itu, lintah juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Itulah alasan mengapa terapi lintah ini seringkali dilakukan. tak hanya dilakukan untuk kesehatan tubuh tetapi, juga untuk kesehatan kulit wajah. Sekian, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

0
Scroll to Top