fbpx

Tips Awet Muda dengan Bunga Calendula

Bunga Calendula (Pot Marigold) merupakan tanaman yang biasa digunakan dalam produk-produk perawatan kulit. Nama calendula, diambil dari bahasa latin, yaitu kalendae berarti hari pertama setiap bulan. Jadi bunga ini memang selalu mekar di awal bulan sesuai dengan namanya.

Image Via wallpaperbetter.com

Manfaat Bunga Calendula untuk Wajah

Bunga ini berwarna orange atau emas dengan aroma yang segar. Benang sari dan kelopak bunga calendula telah diuji secara ilmiah untuk memberikan pasokan senyawa untuk mengurangi masalah kulit yang berkelanjutan. Setiap kelopak calendula mengandung lima senyawa, yaitu β Amyrin, α Amyrin, Quercetin, Asam Oleanic, dan Lupeol. Kelima senyawa tersebut memiliki manfaat bagi kulit, terutama wajah. Oleh karena itu, mari kita lihat apa saja manfaat bunga calendula untuk perawatan kulit wajah.

1. Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Manfaat yang pertama, mampu mencegah penuan dini. Kemunculan tanda-tanda penuan dini bisa diatasi oleh bunga calendula. Melalui produksi kolagen, calendula meningkatkan kekencangan kulit, Selain itu calendula juga bisa mengurangi kerutan dan garis halus. Caranya dengan meningkatkan fungsi kulit dalam menahan air.

2. Memperlambat Perkembangan Keriput Halus

Manfaat yang kedua, mampu memperlambat perkembangan keriput halus. Senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam calendula telah terbukti mampu melindungi terhadap stres oksidatif pada sel kulit manusia. Stres oksidatif merupakan ketidakseimbangan atom dan antioksidan yang merusak. Dalam proses penuan stress oksidatif memiliki peran yang besar.

3. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Manfaat ketiga. mampu melindungi kulit dari kerusakan dari lingkungan sekitar. Bunga Calendula mengandung Flavonoid yang mampu menenangkan dan melindungi kulit. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang bisa merusak kulit.

Jadi produk-produk kecantikan yang mengandung bunga calendula sangat baik untuk mencegah penuan dini. Selain itu juga bisa membuat wajah terlihat lebih muda dan sehat tentunya. Biasanya produk yang mengandung calendula ini diantaranya, masker, toner, face mist, bahkan moisturizer sekalipun. Produk yang mengandung calendula ini bisa ditemui di produk lokal, bahkan impor. Untuk hasil yang maksimal perlu penggunaan yang rutin ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top